Profil Fergus Tierney, 'Bule' Malaysia Mimpi Buruk Timnas Indonesia

Pemain Timnas Malaysia U-23 Fergus Tierney
Sumber :
  • Instagram @famalaysia

Thailand – Ada sosok 'bule' yang menjadi mimpi buruk Timnas Indonesia U 23 di laga perdana Piala AFF U-23 2023. Dia adalah Fergus Tierney yang mencatat brace ke gawang Indonesia yang dikawal Ernando Ari Sutaryadi.

Viral Aksi Konyol Bule di Bali Geber-geber Motor sampai Masuk ke Kolam, Netizen Ngamuk

Dua gol dari Fergus Tierney membuat Indonesia takluk 1-2 di Rayong Provincial Stadium, Thailand, Jumat, 19 Agustus 2023. Sebelumnya, Indonesia sempat unggul di menit 28 melalui Ramadhan Sananta.

Fergus Tierney baru masuk di menit 46 menggantikan Shahir Bashah. Pemain 20 tahun ini mencetak dua gol di menit 54 dan 62, Berikut profil Fergus Tierney.

Jeritan Shin Tae-yong Jelang Timnas Indonesia U-23 Lawan Irak

Fergus Tierney merupakan pemain naturalisasi Timnas Malaysia. Dia lahir di Glasgow, Skotlandia pada 19 Maret 2003.

Namun, Tierney merasa sebagai 'orang Malaysia'. Sebab, dia dibesarkan di Penang, Malaysia. Pemain 20 tahun ini pun tak keberatan menjadi pemain naturalisasi Malaysia

Viral, Mempelai Pria Ini Ijab Kabul Seperti Komentator Sepakbola

Indonesia vs Malaysia di Piala AFF U-23 2023

Photo :
  • PSSI

Darah atlet benar-benar mengalir dalam diri Fergus Tierney. Ayahnya Martin Tierney merupakan mantan pesepakbola profesional dan pernah berkarier di Malaysia bersama PDRM FA dan Penang. Sedangkan sang ibu Sharon Tierney sempat memperkuat timnas atletik Skotlandia.

Karier Fergus Tierney
Fergus Tierney dibesarkan di akademi Soccer Experience FC. Dia memiliki pengalaman bertanding melawan tim akademi klub Eropa, dari mulai Atletico Madrid, Osasuna, Tenerife, Levante dan Rangers FC.

Tierney juga punya pengalaman berlatih di luar Malaysia. Dia pernah diundang latihan bersama berbagai klub dari mulai  Sunderland, Leicester City, Dundee, FC Goa, St Johnstone, dan lain-lain.

Pada awal 2022, Tierney dikontrak raksasa Malaysia Johor Darul Takzim. Dia memperkuat tim kedua JDT yang menjuarai Malaysian Premier League 2022.

Tierney baru berusia 19 tahun saat dipanggil Timnas Malaysia U-23 pada Februari 2023. Pada Maret 2023, dia kembali dipanggil Harimau Muda yang tampil di Merlion Cup.

Tierney lalu dipanggil Timnas Malaysia U-23 yang tampil di SEA Games 2023 Kamboja. Namun, Malaysia gagal lolos dari penyisihan grup.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya