Fernando Valente Memahami Anjloknya Mental Pemain Arema FC

Pelatih Arema FC, Fernando Valente
Sumber :
  • Dok. Arema FC

Malang – Fernando Valente telah menjalani debutnya sebagai pelatih Arema FC dengan memimpin latihan tim. Latihan perdana ini digelar di Stadion Gajayana, Kota Malang, pada Rabu, 23 Agustus 2023. 

Harry Kane Butuh Pembuktian, Real Madrid Jadi Tumbal?

Pelatih asal Portugal itu didatangkan untuk mengangkat prestasi Singo Edan yang kini terjebak di dasar klasemen Liga 1. Dia pun mulai mempelajari situasi yang ada di dalam tim. 

Menurutnya, salah satu penyebab buruknya performa tim dan anjloknya mental pemain karena Arema FC bermain jauh dari Malang. Kenyataan pahit ini harus diterima Arema FC karena Stadion Gajayana dan Kanjuruhan akan direnovasi. 

Ada yang Berniat Jahat kepada Timnas Malaysia

Pelatih Arema FC Fernando Valente

Photo :
  • VIVA/Uki Rama

"Saya ingin memberikan penghormatan dan semua rasa hormat saya kepada para pemain yang membela klub ini di lapangan. Karena bukan salah mereka jika mereka harus bermain jauh dari kota mereka, keluarga mereka, dan teman teman mereka," kata Fernando Valente. 

Pengakuan Pelatih PSG Usai Gagal ke Final Liga Champions

Dampak dari berkandang di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali adalah tim tidak bisa melakukan persiapan maksimal. Waktu banyak terbuang karena harus pulang pergi Malang-Bali. Belum termasuk melakoni laga tandang yang jauh dari dua lokasi tersebut. 

Apalagi jarak Malang ke Gianyar cukup jauh. Bahkan meski berstatus tuan rumah laga di Stadion Kapten I Wayan Dipta, serasa tandang. Karena tim harus terbang menuju Bali jika menjadi tuan rumah. 

Arema FC

Photo :
  • Dok. Arema FC

"Yang terburuk adalah mereka tidak bisa mempersiapkan diri dengan cara terbaik untuk pertandingan, seperti tim lain. Karena dengan perjalanan yang terus menerus, mereka tidak bisa cukup berlatih seperti tim lain. Sekali lagi bukan. Salah mereka, kenyataan harus seperti itu," ujar Fernando Valente. 

Di sisi lain, sosok Fernando Valente sendiri ternyata tidak asing bagi sepakbola Tanah Air. Karena Fernando Valente adalah ayah dari Kapten Persebaya, yakni Ze Valente. 

Dia aktif mengikuti perkembangan sepakbola tanah air terutama Liga 1 sejak Ze Valente masih berseragam PSS Sleman. Pun ketika Ze Valente bermain bersama Persebaya, Fernando Valente sering melihat anaknya bertanding. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya