Ke Final Piala AFF U-23, Ini 5 Fakta Menarik Timnas Indonesia Permalukan Timnas Thailand

Pemain Timnas Indonesia Merayakan Gol ke Gawang Timnas Thailand
Sumber :
  • Twitter: Timnas Indonesia

VIVA Bola - Timnas Indonesia berhasil permalukan tuan rumah Timnas Thailand dengan skor 3-1 dalam babak Semifinal Piala AFF U-23 di Stadion Rayong pada Kamis malam kemarin, 24 Agustus 2023.

Mengenal 2 Sosok Anggota Polri di Timnas Indonesia U-23

Ketiga gol Timnas Indonesia dibukukan Jeam Sroyer (10'), Muhammad Ferrari (23') dan Natcha Promsomboon (45+1' Gol Bunuh Diri). Sedangkan gol Timnas Thailand dicetak Chudit Wanpraphao (27'). Hasil ini memastikan skuad asuhan Shin Tae-yong melangkah ke Final Piala AFF U-23.

Berikut beberapa fakta menarik duel Timnas Thailand vs Timnas Indonesia:

Ini Wasit yang Pimpin Pertandingan Timnas Indonesia U-23 Vs Uzbekistan

1. Ernando Ari Tampil Gemilang

Kiper Persebaya Surabaya, Ernando Ari Sutaryadi

Photo :
  • Instagram/@nandoariiiss
Media Asing Sebut Timnas Indonesia Bakal Merajai ASEAN

Hampir semua pemain Timnas Indonesia mampu tampil luar bisa hingga berjuang memberikan yang terbaik. Namun ada satu pemain yang mencuri perhatian yaitu Ernando Ari sebagai penjaga gawang.

Kiper Persebaya Surabaya tersebut, mampu melakukan tiga kali penyelamatan luar biasa. Momen terbaiknya yaitu saat Ernando Ari berhadapan satu lawan satu dengan pemain Timnas Thailand yaitu Chudit Wanpraphao, kiper berusia 21 tahun itu mampu menepis dengan baik.

2. Final Kedua Timnas Indonesia

Pemain Timnas Indonesia Merayakan Gol ke Gawang Timnas Thailand

Photo :
  • Twitter: Timnas Indonesia

Timnas Indonesia berhasil masuk ke Final Piala AFF U-23 untuk kedua kalinya. Setelah sebelumnya Garuda Muda berhasil meraih juara di ajang tersebut pada tahun 2019 dengan mengalahkan Timnas Thailand 2-1.

Timnas Indonesia berpeluang meraih gelar keduanya di Piala AFF U-23 jika mampu mengalahkan Timnas Vietnam di laga final.

3. Gol Bunuh Diri

Thailand U-23 di Piala AFF U-23

Photo :
  • AFF

Kemenangan Timnas Indonesia tak lepas dari satu gol bunuh dari Timnas Thailand. Berawal dari umpan silang yang dilakukan oleh Haykal Alhafiz di menit ke 45+1, namun umpan tersebut tak sengaja disundul oleh pemain Timnas Thailand yaitu Chudit Wanpraphao yang membuat Timnas Indonesia menambahkan keunggulan menjadi 3-1.

4. Menghadapi Timnas Vietnam

Pemain Timnas Indonesia Merayakan Gol ke Gawang Timnas Thailand

Photo :
  • Twitter: Timnas Indonesia

Timnas Indonesia akan menghadapi tim juara bertahan yaitu Timnas Vietnam yang berhasil menumbangkan Timnas Malaysia dengan skor telak yaitu 4-1. Ini akan menjadi ujian berat bagi skuad asuhan Shin Tae-yong. Laga Final Piala AFF U-23 akan digelar pada Sabtu mendatangkan, 26 Agustus 2023.

5. Pertama Kali Bagi Timnas Thailand

Pemain Timnas Thailand, Bordin Phala rayakan gol ke gawang Malaysia

Photo :
  • aseanfootball.org

Timnas Thailand gagal untuk pertama kalinya lolos ke Final Piala AFF U-23 sebagai tuan rumah. Ketika mereka menjadi tuan rumah, tim berjuluk Gajah Putih berhasil lolos ke final dan menjadi juara, hal itu terjadi pada tahun 2005.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya