PSMS Medan Bakal Datangkan Pemain Asing dari K League 1

Latihan PSMS Medan
Sumber :
  • VIVA/Putra Nasution

Medan – Persiapan mengarungi kompetisi Liga 2 musim 2023/2024, PSMS Medan dalam waktu dekat akan mendatangkan empat pemain asing. Namun, manajemen masih rahasia nama-nama pemain tersebut.

LaLiga Extratime Digelar di Jakarta

Hal itu, diungkapkan oleh Direktur Teknik PSMS Medan, H Andry Mahyar Matondang, saat dikonfirmasi, Jumat 25 Agustus 2023. Ia mengatakan para pemain asing, akan menjalani prosedur seperti percobaan atau trial dan cek medis.

"Ada tiga pemain asing yang akan datang, asal Brasil posisi striker dan Uzbekistan, ada yang dari Korea Selatan (Korsel) memperkuat klub K League 1 Korea Selatan," ucap Andry Mahyar.

Piala AFF U-19 2024 Digelar di Surabaya

Untuk pemain Korea, Andry Mahyar menyebut direkrut PSMS Medan dari klubnya di K League 1."Jadi kita rekrut saat dia masih membela klubnya di Korea. Bukan setelah jadi mantan pemain di klub itu," jelas Andry Mahyar.

Latihan PSMS Medan

Photo :
  • VIVA/Putra Nasution
Di Usia 94 Tahun, PSSI Optimistis Masa Depan Sepakbola Indonesia Cerah

Andry Mahyar mengatakan, dijadwalkan, para pemain asing itu akan tiba di Medan sekitar tiga hari ke depan. Tidak mau berkomentar terlalu jauh, menurut Andry Mahyar, pemain asing yang akan datang berposisi sebagai striker dan gelandang.

"Kalau posisi yang dari Brasil striker, sedangkan yang dari Korea Selatan gelandang. Kalau namanya, nanti saja kita beritahu setelah mereka sampai di Medan," kata Andry Mahyar.

PSMS Medan tidak punya banyak waktu untuk merekrut pemain asing lantaran Liga 2 akan bergulir sekitar 15 hari ke depan (kick-off 10 September 2023). Untuk itu menurutnya, pemain Korea yang didatangkan diyakini sesuai dengan yang diinginkan tim pelatih Ridwan Saragih cs. Apa lagi, pemain Korea didatangkan setelah adanya kesepakatan antara pelatih dan manajemen PSMS Medan.

"Yang pemain Korea itu sudah kita daftarkan di PT LIB sebagai pemain asing PSMS, begitu juga yang Brasil, kita daftarkan juga dan akan melakukan tes medis. Sementara yang asal Uzbekistan itu trial," ungkapnya.

Andry Mahyar juga membeberkan alasan PSMS Medan tidak jadi merekrut tiga pemain asing yang didatangkan sebelumnya. Menurutnya, dari tiga yang datang, dua di antaranya dinilai tak lolos pada saat uji medis.

Seperti diketahui, penyerang asal Portugal, Carlos Lomba dan asal Brasil, Mateus Toto sebelumnya berada di Medan untuk melakoni percobaan (trial) sebagai syarat masuk ke PSMS Medan. Namun, belum pernah diturunkan di laga ujicoba PSMS termasuk kompetisi pra musim turnamen Gubsu Edy Rahmayadi Cup 2023 lalu, keduanya sudah tak terlihat lagi di PSMS.

Hanya pemain asal Jepang, Hiroya Konno yang sempat turun membela PSMS Medan di dua laga turnamen Gubsu 2023. Tapi, dia juga akhirnya batal direkrut.

"Sedangkan Hiroya Konno (asal Jepang) kalau soal performa tak masalah, tapi posisinya tidak sesuai dengan yang dicari pelatih. Dari agen bilang dia penyerang nomor 10, sementara kenyataannya dia lebih di posisi sayap, posisi yang bukan kebutuhan kita," ujarnya.

Sementara itu, Pelatih PSMS, Ridwan Saragih mengatakan, pihaknya masih menunggu informasi dari Direktur Utama (Dirut) PT Kinantan Medan Indonesia Arifuddin Maulana untuk pemain asing. 

"Nanti saja informasinya setelah Dirut kembali dari Jakarta, kita akan sampaikan," kata Andry Mahyar.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya