Ketum PSSI Tetap Bangga dengan Perjuangan Timnas Indonesia U-17

Ketua Umum PSSI Erick Thohir bersama pemain Timnas Indonesia U-17
Sumber :
  • antara

Surabaya – Ketua Umum PSSI Erick Thohir mengaku bangga dengan perjuangan Timnas Indonesia U-17 meski harus mengakui keunggulan Timnas Maroko dalam laga penyisihan grup A Piala Dunia U 17 dengan skor 1-3.

Janji Manis Shin Tae-yong Loloskan Timnas Indonesia U-23 ke Olimpiade 2024

"Meski secara ranking (FIFA) Indonesia terbawah, tapi para pemain telah mencoba yang terbaik, maunya sih dua kali seri dan satu kali menang, tapi belum dikasih," ujar Erick usai laga timnas Indonesia U 17 melawan Maroko U-17 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jawa Timur, Kamis malam 17 November 2023.

Erick mengatakan hasil Piala Dunia U-17 menjadi pelecut bagi PSSI untuk mempersiapkan tim lebih baik lagi, terutama bagi para pemain timnas Indonesia U-17 yang merupakan cikal bakal timnas senior di masa depan.

Polresta Pontianak Gelar Nobar Timnas Indonesia Vs Uzbekistan, Ada Dooprize Motor

"Dari timnas Indonesia U-17 ini mungkin ada lebih dari setengah potensi pemain tim nasional muda kita ke depan yang harus dijaga. Jangan sampai mereka dengan hasil hari ini tidak berkembang, mereka masih muda-muda, kita harus terus bina mereka untuk program jangka panjang," ucap Erick.

Erick merencanakan timnas Indonesia U-17 akan mendapat kesempatan lebih sering melakukan uji coba, karena intensitas melawan tim-tim kelas dunia akan meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri para Garuda Muda tersebut.

Perbandingan Statistik Timnas Indonesia vs Uzbekistan di Piala Asia U-23

"Biasanya di FIFA Matchday selalu kami fokus timnas senior, tapi kalau di negara lain tim putrinya tanding, tim juniornya juga tanding. Ini yang harus diubah pola pikir kami. Nanti juga ada kejuaraan dunia U-20 pada 2025 yang harus kami persiapkan dari sekarang," ujarnya.

Sebelumnya, Timnas Indonesia U-17 kalah telak melawan Timnas Maroko dengan skor 1-3 si Stadion GBT Surabaya.

Indonesia U-17 vs Maroko U-17

Photo :
  • Doc. LOC WCU17/NFL

Oleh karena itu, Timnas Maroko dipastikan lolos ke babak 16 besar, sekaligus menjadi juara grup A Piala Dunia U-17. Gol Timnas Maroko dicetak oleh Anas Alaoui pada menit ke-29, Abdelhamid Ait Boudlal menit ke-39 dan Mohamed Hamony menit ke-64.

Sementara gol Indonesia dicetak oleh Nabil Asyura menit ke-42. Dari hasil pertandingan tersebut, Maroko berada di posisi pertama dengan total poin enam. Sementara Indonesia tetap berada di posisi tiga dengan total poin dua.

Maroko bakal menghadapi peringkat tiga terbaik di antara grup C/D/E di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya pada 21 November 2023. (Ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya