Ketum PSSI Panggil Shin Tae-yong Usai Imbang Lawan Filipina, Nasibnya di Ujung Tanduk?

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong
Sumber :
  • PSSI

VIVA – Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong akan dievaluasi oleh Ketua Umum PSSI, Erick Thohir. Evaluasi ini juga dilakukan kepada pelatih Timnas Indonesia U-17, Bima Sakti.

Pelatih Kiper Persebaya Surabaya Suntikan Semangat untuk Ernando Ari

Shin Tae-yong mulai mendapatkan tekanan setelah menuai hasil buruk dalam pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Timnas Indonesia harus menelan pil pahit usai dikalahkan Irak dengan skor telak 1-5.

Kemudian, Timnas Indonesia tidak mampu berbuat banyak kala ditahan imbang Filipina dengan skor 1-1. Hasil ini membuat Timnas Indonesia menduduki peringkat terakhir Grup F di Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Jadi Sorotan Media Asing, Erick Thohir Tegaskan Timnas Indonesia Akan Terus Terbang Tinggi

Padahal, PSSI menargetkan Shin Tae-yong untuk membawa Timnas Indonesia lolos ke putaran ketiga babak kualifikasi. Sementara itu, Bima Sakti gagal membawa Timnas Indonesia U-17 lolos ke babak 16 besar Piala Dunia U-17 2023.

Timnas Indonesia U-17 hanya duduk di peringkat ketiga Grup A Piala Dunia U-17 dengan meraih dua poin. Erick Thohir melalui akun Instagram pribadinya menyampaikan bahwa baru saja menggelar rapat bersama anggota eksekutif (Exco) PSSI.

Media Asing Sorot Aksi Joget Ernando Ari di Depan Pemain Korea Selatan: Mengejek

"Siang ini saya rapat bersama teman-teman Komite Eksekutif (Exco) PSSI," tulis Erick Thohir, Rabu 22 November 2023.

Dalam rapat tersebut, Erick menjelaskan bahwa pihaknya membahas sejumlah agenda Timnas Indonesia di 2024. 

"Kami membahas persiapan Timnas untuk beberapa kejuaraan Asia tahun depan," ucapnya. 

Selain itu, dia juga menyebut bahwa seluruh pelatih tim nasional termasuk Shin Tae-yong dan Bima Sakti bakal dipanggil.

"Exco dalam waktu dekat ini juga akan memanggil semua pelatih untuk mengevaluasi laga Timnas di beberapa pertandingan terakhir," katanya.

Belakangan ini, kritik semakin deras diluncurkan para pecinta TImnas Indonesia di media sosial. Mereka mengkritik Timnas Indonesia di bawah kendali Shin Tae-yong. Beberapa juga ada yang menggaungkan pergantian di posisi pelatih Timnas Indonesia.


Kontrak Shin Tae-yong sebenarnya sudah berakhir pada akhir tahun 2023 ini. Namun, bulan lalu, kontraknya diperpanjang sampai Juni 2024. Dia masih dipercaya untuk memimpin Timnas Indonesia di Piala Asia awal 2024 mendatang.

Namun, dengan adanya evaluasi yang akan dilakukan PSSI, bukan tidak mungkin nasib Shin Tae-yong kini berada di ujung tanduk. 


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya