Rekor Tercipta, Ini Dia Pemain Paling Muda di Liga 1

Pemain Timnas Indonesia U-17, Arkhan Kaka
Sumber :
  • Tangkapan layar

VIVA – Timnas Indonesia U-17 tampil di Piala Dunia U-17 2023 dan para pemain yang berkompetisi di BRI Liga 1 ikut berkontribusi membela timnas di ajang tersebut. 

Kata Thomas Doll Usai Persija Turunkan Rans ke Zona Degradasi

Sebanyak 12 pemain yang bermain di klub-klub Liga 1 masuk dalam pilihan pelatih Bima Sakti. Salah satu pemain yang menonjol adalah Arkhan Kaka.

Arkhan Kaka merupakan penyerang muda dari Persis Solo, klub legendaris Indonesia yang kini berkompetisi di Liga 1. Ia mendapatkan debut membela Laskar Sambernyawa di BRI Liga 1 pada April 2023 saat melawan Persib Bandung. 

Soal Anggapan Raja Penalti Liga 1, Begini Pembelaan Arema FC

Menggantikan Irfan Bachdim pada menit ke-70 pada laga tersebut, Arkhan tercatat sebagai pemain termuda di Liga 1 (periode 1994-2023) dengan usia 15 tahun, tujuh bulan, dan dua hari.

Saat ini Penyerang asal Blitar, Jawa Timur itu menjadi pemain tersubur di Timnas Indonesia selama dua pertandingan Piala Dunia U-17. 

Klasemen Liga 1: Klub Raffi Ahmad Kecebur Zona Degradasi

Arkhan Kaka  mencetak dua gol pada dua pertandingan Skuad Garuda Muda, yakni saat melawan Ekuador U17 dan Panama U17. Dalam dua pertandingan tersebut, Indonesia bermain imbang 1-1.

Melawan Panama di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, 13 November 2023, Arkhan Kaka menjadi bintang Garuda Muda. Arkhan Kaka mencetak gol penyelamat Timnas Indonesia pada menit ke-54 usai meneruskan umpan Welber Jardim.

Timnas Indonesia U-17 berhadapan dengan Maroko untuk menentukan langkah selanjutnya di Piala Dunia U17. Sayang, Timnas U17 menelan kekalahan atas Maroko dan gagal melanjutkan langkah ke 16 besar.

Arkhan Kaka mengatakan tugasnya memang mencetak gol, tapi yang utama adalah kemenangan tim. Akan tetapi langkah Indonesia harus sampai di penyisihan grup. 

“ Terpenting adalah kita kerja keras lagi dan saya mengerjakan tugas saya sebagai pemain untuk tim," kata Arkhan Kaka. 

Meski begitu, perjuangan Arkhan Kaka dan Timnas Indonesia U-17 di Piala Dunia U-17 2023 patut diapresiasi karena permainan  dan perjuangan mereka di event internasional ini.

Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia, Sunarso mengatakan pihaknya memberi dukungan yang sejalan dengan tujuan diselenggarakannya Piala Dunia U-17, yakni menjadi wadah pesepakbola muda Indonesia berprestasi. 

Menurutnya, dukungan dari BRI merupakan bagian dari pembentukan generasi emas sepak bola Indonesia di masa depan.

"Kita tau bahwa Indonesia merupakan negara dengan penggemar sepak bola terbanyak di dunia," kata Sunarso kepada wartawan.

"Oleh karena itu, BRI akan selalu mendukung kemajuan sepak bola Indonesia serta membantu mewujudkan cita-cita talenta muda sepak bola Indonesia untuk dapat berlaga dan mencatatkan prestasi di kancah global," tutur Sunaro. #BolaPemersatuBangsa #BRIPalingBola
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya