5 Fakta Menarik Timnas Indonesia Ajukan Protes Resmi ke AFC

Timnas Indonesia vs Irak
Sumber :
  • tangkapan layar

Jakarta - Timnas Indonesia secara resmi mengajukan protes ke AFC terkait beberapa keputusan yang dianggap merugikan skuad asuhan Shin Tae yong.

Viral, STY Salami dan Peluk Seluruh Pemain Korsel usai Digilas Timnas Indonesia

Seperti diketahui, Timnas Indonesia menelan kekalahan atas Irak di laga pembuka Piala Asia dengan skor 1-3 di Stadion Ahmad Bin Ali pada Senin 15 Januari 2024 lalu. Berikut beberapa fakta menarik Timnas Indonesia mengajukan protes ke AFC, dilansir berbagai sumber:

1. Keputusan Wasit Merugikan Timnas Indonesia

Erick Thohir Beberkan 'Kunci Sukses' Timnas Indonesia ke Media Asing

Duel Timnas Indonesia vs Irak

Photo :
  • AP Photo/Hussein Sayed

Ada sejumlah keputusan wasit yang sangat merugikan Timnas Indonesia. Salah satunya yaitu gol kedua Irak yang dicetak Osama Rashid di menit ke 45+7, merunut Shin Tae yong, pemain Irak yaitu Mohand Ali sudah tertangkap offside terlebih dahulu sebelum terjadinya gol. Namun wasit tetap mengesahkan gol tersebut yang membuat kedudukan menjadi 1-2.

Momen Shin Tae-yong Hibur Korea Selatan U-23 Usai Kalah Penalti

2. Timnas Indonesia Sudah Menyampaikan Protes ke AFC

Duel Timnas Indonesia vs Irak

Photo :
  • AP Photo/Hussein Sayed

Melalui tim manajer Timnas Indonesia, Endri Erawan sudah menyampaikan secara resmi ke Konfederasi Sepakbola Asia (AFC) terkait gol kedua Irak yang seharusnya tidak disahkan oleh wasit.

"Tentu kami kecewa. Setelah pertandingan kami resmi protes keras kepada AFC terkait disahkannya gol kedua Irak. Kami sudah resmi melayangkan formulir protes dan diserahkan langsung ke match commissioner seusai pertandingan," kata Endri.

3. Tidak Akan merubah Keputusan Hasil

Timnas Indonesia Rakayan Gol Marselino Ferdinan

Photo :
  • AP Photo/Hussein Sayed

Tim manajer Timnas Indonesia tidak akan merubah keputusan akhir. Akan tetapi dengan protes ini diharapkan bisa memberikan evaluasi terhadap kinerja wasit atau perangkat pertandingan kedepannya.

"Kami tahu protes ini tidak akan mengubah hasil pertandingan. Namun setidaknya untuk pertandingan-pertandingan di ajang Piala Asia 2023 ini para wasit/perangkat pertandingan bisa lebih baik lagi dalam mengambil keputusan," tutur Endri Erawan.

4. Tanggapan Marselino Ferdinan

Pemain Timnas Indonesia, Marselino Ferdinan

Photo :
  • PSSI

Kekecewaan terhadap wasit pun disampaikan langsung oleh pemain Timnas Indonesia yaitu Marselino Ferdinan. Dirinya sangat tidak puas dengan kinerja wasit saat Garuda Indonesia menelan kekalahan atas Irak.

"Kami tidak beruntung di laga perdana ini. Seluruh pemain telah berjuang keras dan maksimal. Namun ada beberapa kontroversi dari wasit yang seharusnya tidak gol tapi jadi gol," kata Marselino Ferndinan.

5. Pandangan Shin Tae yong

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong

Photo :
  • Media PSSI

Begitu juga dengan pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae yong yang kecewa dengan keputusan wasit. Pelatih asal Korea Selatan itu mengatakan bahwa gol kedua Iran 100 persen offside.

"Saya tidak tahu mengapa gol kedua tidak dianggap offside. Itu 100 persen offside, jika ini adalah benar keputusan yang salah dari wasit, kami menyayangkan itu, apalagi terjadi di momen penting," tutur Shin Tae yong.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya