Kata Media Asing usai Indonesia Lolos Babak 16 Besar Piala Asia untuk Pertama Kali

Timnas Indonesia
Sumber :
  • AP Photo/Hussein Sayed

Qatar – Timnas Indonesia mencatat sejarah, setelah lolos pertama kali ke babak 16 besar Piala Asia. Anak didik Shin Tae-yong (STY) lolos melalui jalur peringkat tiga terbaik, dengan perolehan 3 poin dari 3 pertandingan.

Erick Thohir Beberkan 'Kunci Sukses' Timnas Indonesia ke Media Asing

Adapun, Tim Merah Putih melangkah ke babak 16 besar setelah hasil imbang 1-1 antara Kirgistan melawan Oman di Stadion Abdullah Bin Khalifa, Kamis 25 Januari 2024.

Dengan hasil tersebut, posisi Indonesia di peringkat 3 terbaik tidak bisa disalip Oman yang cuma mengantongi 2 poin. AFC sendiri memberikan jatah 4 tim yang berada di peringkat 3 untuk lolos ke 16 besar.
Lantas, apa kata media asing setelah Indonesia lolos ke babak 16 besar untuk pertama kali?

Momen Shin Tae-yong Hibur Korea Selatan U-23 Usai Kalah Penalti

1. Australia Associated Press (AAP)

Media Asing Soroti Suporter Indonesia di Qatar, Sebut Jadi 'Mini Jakarta'

AAP menyorot keberhasilan Timnas Indonesia melaju ke babak 16 besar untuk pertama kalinya. Pada babak tersebut Indonesia akan berhadapan dengan Australia. Kedua tim ini terakhir kali bertemu kualifikasi Piala Asia di Brisbane pada 2010.

Menurut AAP, Indonesia yang saat ini nangkring di peringkat 146 FIFA bisa menjadi lawan yang menantang bagi Socceroos, julukan Timnas Australia. Hal ini dikarenakan, Indonesia mampu mencetak gol dari tiga pertandingan hingga mampu menaklukkan salah satu tim terkuat di Asia Tenggara, Vietnam.

2. Channel News Asia (CNA)

Media asing asal Singapura, CAN menyebut Indonesia, Tajikistan, Palestina dan Suriah berhasil lolos ke babak 16 besar untuk pertama kalinya. Mereka mengatakan, Indonesia berhasil lolos setelah sebelumnya 4 kali tersingkir di babak penyisihan grup.

Shin Tae-yong mengatakan, ia melatih salah satu tim terlemah di antara 24 tim yang berlaga di Piala Asia 2024. Meski demikian pertandingan yang dijalani, dapat membantu Indonesia sebagai tim yang didominasi anak muda untuk terus berkembang.
“Kami berada di peringkat 146, tapi penampilan kami tidak sama dengan peringkat tersebut,” kata STY.

Pemain Timnas Indonesia rayakan gol Asnawi Mangkualam Bahar

Photo :
  • AP Photo/Hussein Sayed

3. France24

France 24 mengabarkan bahwa indonesia adalah tim terakhir yang dinyatakan lolos ke babak 16 besar Piala Asia, setelah Kirgistan dan Oman bermain imbang 1-1.

Mereka juga menyampaikan, lolosnya Indonesia ke babak 16 besar Piala Asia merupakan kali pertama sepanjang sejarah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya