Malaysia Bisa Imbangi Korea Selatan, tapi Timnas Indonesia yang Lolos Babak 16 Besar Piala Asia

Pemain Timnas Malaysia meratapi kegagalan di Piala Asia 2023
Sumber :
  • AP Photo/Thanassis Stavrakis

VIVA – Timnas Malaysia membuat kejuatan pada laga terakhir fase grup Piala Asia 2023. Harimau Malaya sukses mengimbangi raksasa Asia yaitu Korea Selatan.

Lawan Uzbekistan, Tuah Abdullah bin Khalifa Stadium Untungkan Timnas Indonesia U-23?

Dalam duel Grup E yang berlangsung di Al Janoub Stadium, Doha, Qatar, Kamis malam WIB, 25 Januari 2024, Malaysia bermain imbang 3-3.

Gol-gol Korea Selatan dicetak Jeong Woo-yeong, bunuh diri Syihan Hazmi, dan Son Heung-min. Sementara gol-gol Malaysia dipersembahkan Faisal Halim, Arif Aiman, dan Romel Morales.

Bukan Hina Pemain Korea Selatan, Ernando Minta Maaf dan Jelaskan Alasan Joget Usai Gagalkan Penalti

Hasil ini membuat Korea Selatan mengemas lima angka dari tiga laga dan mereka menempati peringkat kedua klasemen akhir Piala Asia 2023. Namun bagi Malaysia, hasil ini tidak cukup untuk membuat mereka lolos ke babak 16 besar. Malaysia ada di posisi buncit dengan koleksi satu angka saja.

Berbeda dengan Indonesia, meski mengalami kekalahan pada laga terakhir dari Jepang dengan skor 1-3, namun berhasil lolos ke babak 16 besar.

Pj Gubernur Sumut Optimis Timnas Indonesia Melaju ke Final Piala Asia U-23

Timnas Indonesia dipastikan lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023. Hal itu dipastikan seusai pertandingan Grup F antara Kirgistan melawan Oman berakhir imbang 1-1. 

Indonesia lolos dengan predikat peringkat ketiga terbaik dengan mengumpulkan tiga poin dari tiga pertandingan. Skuad Garuda kini berada di posisi keempat klasemen peringkat tiga terbaik Piala Asia 2023. Ini merupakan kali pertama tim Merah Putih tembus ke babak gugur dalam lima edisi keikutsertaan.

"Saya sangat senang. Walau pun satu kali menang dan dua kali kalah, tapi di setiap pertandingan para pemain bekerja keras. Mungkin itu yang mendatangkan hasil saat ini. Tanpa bekerja keras pun mungkin Tuhan tidak akan memberikan ini (keberuntungan)," kata pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. 

"Tetapi sepertinya para pemain sudah bekerja keras di setiap pertandingan jadi Tuhan juga tahu setiap usaha kita jadi bisa meraih babak 16 besar. Hari ini sangat bahagia jadi terima kasih banyak," sambungnya.

Pada babak 16 besar, skuad Garuda sudah ditunggu Australia di babak 16 besar. Duel akan berlangsung pada Minggu, 28 Januari 2024 mendatang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya