Pelatih Persebaya Minta VAR di Liga 1 Disiapkan Secara Matang

Pelatih Persebaya Surabaya, Paul Munster
Sumber :
  • persebaya.id

Surabaya – Pelatih Persebaya Surabaya, Paul Munster mengatakan penggunaan Video Assistant Referee (VAR) dalam pertandingan sepakbola memang sangat penting. Karena itu bisa meningkatkan kualitas penyelenggaraan kompetisi, seperti Liga 1.

Arema FC Semakin Jauh Dari Zona Degradasi

Akan tetapi, menurut Paul Munster, penggunaan VAR harus diperhatikan. Karena penting untuk memastikan penggunaannya dilaksanakan dengan baik.

"VAR sangat penting untuk pertandingan sepakbola, itu bisa meningkatkan kualitas liga. Saya tahu di sini akan memakai VAR tetapi penggunaannya harus benar-benar diperhatikan dan dilaksanakan dengan baik," kata Munster, Jumat 9 Februari 2024.

Hasil Liga 1: Persis Solo Legowo Akui Kemenangan Tim Tamu Persita Tangerang

Pelatih Persebaya Surabaya, Paul Munster

Photo :
  • ligaindonesiabaru.com

Munster juga menekankan pentingnya persiapan penggunaan VAR harus betul-betul dimatangkan. Itu mulai dari perangkat, ruangan, dan bahkan sumber daya manusia yang akan terlibat di dalamnya.

Hasil Liga 1: Tampil Ngotot dari Awal, PSIS Semarang Gilas Persikabo 1973

Dia merujuk penggunaan VAR di Thailand yang masih kerap memunculkan kontroversi. Itu justru tidak membuat kompetisi berjalan dengan lebih baik.

"Jika VAR dipakai di Indonesia jangan seperti di Thailand yang masih ada kontroversinya, itu harus dipersiapkan dengan benar 100 persen," kata pelatih yang memiliki lisensi UEFA Pro tersebut.

Karena itulah, menurut Munster penting bagi Liga 1 untuk mematangkan segala persiapan. Sehingga nantinya penggunaan VAR itu benar-benar membantu meningkatkan kompetisi.

Persebaya vs Persis

Photo :
  • instagram.com/persisofficial

Munster berbicara soal ini menyambut pernyataan PSSI terkait penggunaan VAR di Liga 1. PT Liga Indonesia Baru selaku operator sudah melakukan pengitungan, dan alokasi yang disiapkan mencapai lebih dari Rp100 miliar.

PT LIB telah mengumumkan penundaan penggunaan sementara ini di Liga 1, dan rencananya baru akan digunakan pada championship series pada Mei 2024 sebagai periode percobaan. (ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya