Punya Misi Bawa Lolos Degradasi, Widodo C Putro Jadi Pelatih Baru Arema FC

Pelatih Arema FC, Widodo C Putro
Sumber :
  • Dok. Arema FC

Malang – Usai mendepak Fernando Valente dari kursi kepelatihan tim. Manajemen Arema FC langsung memperkenalkan pelatih baru sebagai nahkoda tim hingga akhir  Liga 1 2023/2024.

Kata Thomas Doll Usai Persija Turunkan Rans ke Zona Degradasi

Sosok itu adalah Widodo Cahyono Putro. Dia ditunjuk sebagai pelatih kepala baru Singo Edan sejak Jumat, 9 Februari 2024. Keputusan cepat diambil manajemen agar kursi kepelatihan tidak kosong terlalu lama. 

"Di situasi seperti ini manajemen harus bergerak cepat, pilihan akhirnya jatuh pada Widodo Cahyono Putro yang akan memimpin tim,” kata manajer Arema FC, Wiebie Dwi Andriyas. 

Shin Tae-yong: Percaya dan Ikuti Saya, Kita Akan ke Final

Pelatih Arema FC, Fernando Valente

Photo :
  • Dok. Arema FC

Widodo C Putro sebelumnya menjadi pelatih Deltras FC Sidoarjo yang berlaga di Liga 2. Alasan merekrut Widodo karena dianggap memiliki karakter yang dibutuhkan oleh Singo Edan. 

Soal Anggapan Raja Penalti Liga 1, Begini Pembelaan Arema FC

Wiebie mengakui bahwa manajemen Arema FC memiliki harapan besar pada sosok Widodo. Pelatih baru ini diharapkan mampu membawa Singo Edan segera keluar dari zona degradasi dan menghindari ancaman turun kasta ke Liga 2. 

"Alasannya yang pertama adalah karakter dan pengalaman. Kami menilai coach Widodo adalah figur pelatih yang memiliki karakter serta pengalaman, tentu tidak lain hal ini dilakukan sebagai upaya agar Arema FC bisa lepas dari zona degradasi,” ujar Wiebie.

Sementara itu, General Manager Arema FC, Muhammad Yusrinal Fitriandi menuturkan figur pelatih lokal menjadi pilihan utama. Karena dengan jeda waktu yang tersisa Arema FC harus meminimalisir risiko salah satunya proses adaptasi.

Pelatih Arema FC, Widodo C Putro

Photo :
  • Dok. Arema FC

"Artinya di waktu yang ada ini kami harus memiliki opsi-opsi strategis. Pelatih lokal dipilih karena dari sisi adaptasi mungkin tidak butuh waktu lama, demikian juga dengan komunikasi dengan pemain, ini yang penting. Karena harus kita akui, proses adaptasi kalau dengan pelatih asing itu tidak membutuhkan waktu yang singkat. Pergantian ini juga didukung oleh pemain,” tutur Yusrinal Fitriandi.

Sebagai informasi Arema FC saat ini sedang berjuang lolos dari zona degradasi. Dedik Setiawan Cs berada di urutan ke-16 klasemen sementara BRI Liga 1 dengan mengemas 21 poin. Terpaut 6 poin dari Persita Tangerang yang berada di urutan ke-15. Di laga terdekat Arema FC akan menghadapi Rans Nusantara FC pada, 22 Februari 2024 mendatang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya