Mengerikan, Susunan Pemain Timnas Indonesia U-23 di Piala Asia U-23

Timnas Indonesia
Sumber :
  • AP Photo/Thanassis Stavrakis

VIVA –  Timnas Indonesia U-23 akan tampil di Piala Asia 2023 di Qatar pada 15 April-3 Mei 2024. Skuad Garuda Muda tergabung di Grup A Piala Asia U-23 2024, bersama tuan rumah Timnas Qatar U-23, Timnas Australia U-23, dan Timnas Yordania U-23.

Ribuan Orang di Brebes Rayakan Kemenangan Indonesia U-23

Dari 16 tim yang berlaga di Piala Asia U-23 2024, Timnas Indonesia U-23 menjadi satu-satunya debutan pada edisi kali ini. Bersaing dengan 15 tim terbaik Asia lainnya tentu menjadi tantangan tersendiri bagi Tim Garuda Muda.

Meski begitu, Timnas Indonesia tidak perlu minder. Pasalnya, terdapat sejumlah pemain yang sudah merasakan kerasnya Piala Asia di level senior.

Ernando Ari yang Begitu Percaya Diri

Setidaknya ada ada 11 pemain di bawah 23 tahun yang masuk skuad Timnas Indonesia di Piala Asia 2023 (2024). Para pemain ini bisa didaftarkan ke skuad Piala Asia U-23 2024.

Mereka adalah Marselino Ferdinan, Elkan Baggott, Justin Hubner, Ivar Jenner, Rafael Struick, Pratama Arhan, Ernando Ari, Rizky Ridho, Witan Sulaeman, Hokky Caraka, dan Ramadhan Sananta.

Viral, STY Salami dan Peluk Seluruh Pemain Korsel usai Digilas Timnas Indonesia

Dari nama-nama di atas, sebagian besar banyak mendapatkan menit bermain ketika Timnas Indonesia senior mencatatkan sejarah dengan lolos ke babak 16 besar untuk pertama kalinya.

Di posisi penjaga gawang sepertinya pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong sudah menjatuhkan pilihan kepada Ernando Ari. 

Bagaimana tidak, di level senior saja dia adalah pilihan utama bahkan membuat Nadeo Argawinataa menjadi cadangan.

Sementara di posisi bek, Shin Tae-yong punya Elkan Baggott, Justin Hubner, dan Rizky Ridho.  Adapun posisi bek kiri biasanya ditempati Pratama Arhan.

Sayangnya, di posisi bek kanan, Timnas Indonesia tidak bisa diperkuat oleh Asnawi Mangkualam lantaran usianya sudah melewati batas. Akan tetapi, penggantinya tidak kalah oke yakni Witan Sulaeman.

Pemain pinjaman Bhayangkara FC beberapa kali dimainkan Shin Tae-yong pada posisi ini, begitu juga ketika masih memperkuat Persija Jakarta.

Kemudian di lini tengah, Shin Tae-yong punya  duet Ivar Jenner dan Marselino Ferdinan. Ketiga pemain ini  sudah menunjukkan kualitasnya sebagai gelandang tangguh di Piala Asia 2023 dan selalu menjadi starter.

Sedangkan barisan depan Timnas Indonesia U-23 juga memiliki opsi yang menjanjikan. Rafael Struick bisa dipasang winger kiri, kemudian Hokky Caraka dengan kecepatan berlari yang mumpuni bisa dipasang di kanan.

Sementara ujung tombak bisa ditempati Ramadhan Sananta. Meski tidak dimainkan ketika Piala Asia 2023, setidaknya dalam beberapa laga ia sempat menjadi andalan Shin Tae-yong di lini depan.

Berikut Prediksi Formasi Timnas Indonesia U-23 di Piala Asia U-23 2023

Ernando Ari; Rizky Ridho, Justin Hubner, Elkan Baggott; Witan Sulaeman, Ivar Jenner, Marselino Ferdinan, Pratama Arhan; Hokky Caraka, Ramadan Sananta, Rafael Struick.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya