Terkuak, Banyak Pemain Keturunan Indonesia Tersebar di Eropa, Tapi Shin Tae-yong Beri Kabar Buruk

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong
Sumber :
  • PSSI

VIVA – Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong sedang menjalankan tugas dari PSSI untuk mencari pemain keturunan yang nantinya akan dinaturalisasi untuk memperkuat skuad Garuda.

Momen Shin Tae-yong Hibur Korea Selatan U-23 Usai Kalah Penalti

Dan, pelatih asal Korea Selatan itu mengungkap fakta bahwa ternyata banyak pemain-pemain keturunan Indonesia yang tersebar di Eropa. Akan tetapi, dia tak mau sembarang memilih pemain.

"Soal naturalisasi pemain, kami juga akan cari pemain dengan darah Indonesia. Saya pikir ada pemain yang lebih baik lagi," ucap Shin Tae-yong pada media asal Korea Selatan, BestEleven.

Media Asing Soroti Suporter Indonesia di Qatar, Sebut Jadi 'Mini Jakarta'

Akan tetapi, kabar buruknya adalah dari banyaknya pemain tersebut, Shin Tae-yong mengakui bahwa dirinya kesulitan mencari pemain yang pas untuk dinaturalisasi.

Mantan pelatih Korea Selatan itu memprioritaskan pemain yang punya darah Indonesia untuk dinaturalisasi. Dia juga memilih menaturalisasi pemain yang masih berusia muda dan bermain di Eropa. 

Anak Shin Tae-yong: Meskipun Warga Korsel, Saya Dukung Timnas Indonesia

Beberapa pemain naturalisasi yang jasanya dipakai untuk Skuad Garuda antara lain Justin Hubner, Ivar Jenner, dan Sandy Walsh. Sedangkan yang saat ini dia lihat tidak semua pemain punya kualitas seperti yang diharapkan dan bisa menaikkan level Timnas Indonesia.

Beberapa pemain naturalisasi jarang dapat menit bermain di klubnya. Hal ini, kata Shin Tae-yong, menjadi kendala dalam mencari pemain yang tepat.

"Jika Anda melihatnya lebih dekat lagi, ini (mencari pemain naturalisasi) tidaklah mudah. Ini adalah operasi yang sulit bagi kami," ucap Shin Tae-yong.

Di sisi lain, Shin Tae-yong memberikan apresiasi pada kinerja para pemain naturalisasi yang saat ini sudah membela Timnas Indonesia. Menurut Shin Tae-yong, Jordi Amat cs telah bekerja keras dan tampil optimal.

"Para pemain bekerja keras dan melakukannya dengan baik. Mereka adalah pemain muda, jadi saya melihat masa depan cerah di depan mereka," sambung eks pelatih Timnas Korea Selatan itu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya