Kenyataan Pahit yang Harus Diterima Kapten Vietnam Jelang Lawan Timnas Indonesia

Kapten Timnas Vietnam, Do Hung Dung
Sumber :
  • Vn Express

VIVA – Timnas Vietnam akan berhadapan dengan Timnas Indonesia  dalam lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Terpopuler: 6 Pemain Bidikan Inter Milan, Pengakuan Pelatih Korsel Usai Dihajar Indonesia

Mereka bertandang lebih dulu ke Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, pada 21 Maret 2024, sebelum menjamu Skuad Garuda lima hari kemudian.

Sebagai persiapan, Vietnam rencananya akan memulai pemusatan latihan (TC) pada 12 Maret mendatang. Pelatih Vietnam Philippe Troussier pun juga sudah memantau pertandingan Liga Vietnam.

Wow, Harga Satu Pemain Uzbekistan Ini Lebih Tinggi dari Seluruh Pemain Timnas Indonesia U-23

Selain melihat penampilan pemain langganan, ia juga mencari wajah-wajah baru yang layak dipanggil ke tim nasional. Hanya saja, Troussier tidak bisa melihat penampilan kapten Vietnam Do Hung Dung.

Do Hung Dung absen saat klubnya Hanoi FC meraih kemenangan tipis 1-0 atas tuan rumah Khanh Hoa, Minggu 3 Maret 2024 lalu. Gelandang berusia 30 tahun itu tidak masuk dalam daftar skuad Hanoi FC pada laga tersebut.

Timnas Indonesia 'Gendong' Asia Tenggara di Semifinal Piala Asia U-23

Tragisnya, ini menandai pertandingan ketiga berturut-turut Hung Dung tidak masuk daftar skuad Hanoi FC. Terkait hal ini, pelatih Hanoi FC Daiki Iwamasa angkat bicara untuk menjelaskan keputusannya tersebut.

Meski tidak mengalami cedera, Iwamasa mengisyaratkan bahwa Hung Dung tidak siap untuk bermain.

"Saya selalu mengevaluasi pemain berdasarkan kinerja aktual mereka, terlepas dari siapa mereka atau gelar apa yang telah mereka raih. Terkait dengan Do Hung Dung, dia akan digunakan saat siap," kata Iwamasa, dikutip dari Soha.

Di bawah asuhan Troussier, Hung Dung masih cukup sering diturunkan dalam pertandingan yang dilakoni Vietnam. Namun, ia tidak lagi menjadi sosok utama di lini tengah seperti saat era Park Hang-seo.

Di Piala Asia 2023 lalu, Troussier hanya menurunkan Hung Dung dalam dua laga melawan Jepang dan Irak. Sementara pada pertandingan melawan Indonesia, pemilik 40 caps itu sama sekali tidak dimainkan.

Absennya Hung Dung dalam tiga laga terakhir Hanoi FC tentu membuat posisinya di timnas semakin terancam. Selain Hung Dung, striker timnas senior dan U-23 Vietnam Nguyen Van Tung juga absen pada laga melawan Khanh Hoa.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya