Wasit Laga Persiraja vs Malut United Bakal Dilapor ke Satgas Anti Mafia Bola

Persiraja Vs Malut
Sumber :
  • tangkapan layar

Aceh – Manajemen tim Persiraja Banda Aceh akan mengambil langkah tegas soal keputusan kontroversial wasit Cahya Sugandi yang memimpin pertandingan Playoff Promosi Liga 2 2023/24, antara Persiraja vs Malut United di Stadion Langsa pada Selasa, 5 Maret 2024.

Erick Thohir Beberkan 'Kunci Sukses' Timnas Indonesia ke Media Asing

Persiraja akan melaporkan wasit tersebut kepada Komite Wasit PSSI dan Satgas Anti Mafia Bola. Laga perebutan juara ketiga tersebut dipimpin wasit Cahya Sugandi, Asisten Wasit 1, Wisda Firmada dan Asisten Wasit 2, Hendra Cipta Nasution. Wasit cadangan, Axel Febrian. Serta penilai wasit, Alil Rinenggo.

Presiden Persiraja, Nazaruddin Dek Gam mengatakan, keputusan melaporkan wasit tersebut karena dinilai merugikan tim Persiraja sehingga memancing amarah pendukung Persiraja yang hadir di stadion.

Gaji di Timnas Miliaran, Pelatih Shin Tae-yong Mudah Beli Hyundai Palisade tiap Bulan

"Kami melaporkan wasit tersebut karena sangat kecewa dengan keputusan-keputusan yang diambil wasit dalam pertandingan Persiraja vs Malut United. Kami merasa bahwa ini adalah langkah yang harus kami ambil untuk menjaga integritas kompetisi," kata Nazaruddin Dek Gam kepada wartawan.

Persiraja juga akan segera mengajukan laporan resmi kepada Komite Wasit PSSI dan Satgas Anti Mafia Bola untuk menyelidiki apakah ada indikasi intervensi pihak lain dalam laga tersebut.

Fenomenal, Timnas Indonesia U-23 Lolos Semifinal Piala Asia U-23 Usai Kalahkan Korsel

"Tentunya untuk menyelidiki apakah ada indikasi pengaruh atau intervensi dari pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab dalam pertandingan tersebut," tegasnya.

Langkah Persiraja ini mendapat dukungan luas dari para penggemar dan pihak-pihak terkait dalam dunia sepak bola Aceh dan Indonesia. 

Mereka berharap agar tindakan ini dapat menghasilkan perubahan positif dalam penegakan aturan dan keadilan dalam kompetisi sepak bola Tanah Air.

Sekretaris Umum Persiraja, Rahmat Djailani yang membenarkan saat ini semua berkas sedang disiapkan untuk laporan. 

"Semua berkas untuk laporan ke Komite Wasit PSSI, dan Satgas Anti Mafia Bola sedang kita rampungkan. Dan akan segera kita laporkan," kata Rahmad.

Wasit meniup pluit saat pelanggaran terjadi antara pemain Persiraja vs Malut United. (Ist)

Photo :
  • VIVA.co.id/Dani Randi (Banda Aceh)

Sebelumnya, Persiraja Banda Aceh dipaksa bermain imbang 0-0 menghadapi Malut United dalam pertandingan di Stadion Langsa.

Wasit Cahya Sugandi yang memimpin laga dinilai membuat sejumlah keputusan kontroversial.

Puncaknya pada menit ke 92, saat bek tengah Malut United, Jeong Homin menjatuhkan Al Muzanni dalam kotak penalti. Kaki bek Malut United tersebut  mengadang laju Al Muzanni.

Namun, wasit Cahya Sugandi yang memimpin laga tetap pada keputusannya tidak memberikan penalti kepada Persiraja.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya