Timnas Indonesia Bakal Ganti Jersey saat Lawan Irak dan Filipina di Kualifikasi Piala Dunia?

Pemain Timnas Indonesia merayakan gol ke Gawang Vietnam
Sumber :
  • PSSI

VIVA – Sejak diluncurkan pada 22 Januari 2024, jersey anyar Timnas Indonesia mendapatkan cibiran dari sebagian besar pecinta sepakbola nasional, khususnya di media sosial.

Bung Towel Yakin Timnas Indonesia Menang dari Uzbekistan: Asal Gak Kebobolan Duluan

Setelah tidak lagi disponsori oleh Mills, PSSI sepakat menjalin kerja sama dengan Erspo, singkatan dari Ergonomic Sporty Outfit.

Untuk proyeknya bersama Timnas Indonesia, mereka kerja sama dengan Makna Creative di mana Ernanda Putra berperan sebagai Creative Director.

Erick Thohir Minta Doa Rakyat untuk Kemenangan Timnas Indonesia atas Uzbekistan

Akan tetapi, pada perjalanannya Erspo banyak mendapatkan kritik. Mulai dari Desain yang cukup simpel, dan diduga mirip dengan jersey Liverpool, hingga harga yang dinilai terlalu tinggi.

Bukan cuma netizen, Justinus Lhaksana, eks pelatih futsal Timnas Indonesia juga memberi penilaian buruk saat mereview jersey Timnas Indonesia terbaru itu di acara THE BRO CODE.

Nobar Timnas Indonesia U-23 di Alun-Alun Klaten, Penonton Dilarang Bawa Miras

Ternyata, Kritik terhadap jersey itu sampai ke telinga Ernanda Putra, desainer jersey Timnas Indonesia. Ia pun menanggapi kritik tersebut lewat akun X miliknya. Cuitan saat ini telah dihapus, tapi dipublikasikan oleh Justin di Instagram-nya.

Sontak polemik antara desainer dengan pria yang juga jadi komentator sepakbola itu mengundang komentar netizen. Sempah gaduh di media sosial, mereka menyoroti bagaimana Ernanda Putra tidak bisa menerima kritik hingga muncul ungkapan boikot Erspo. 

Pada akhirnya, Espo pun memberikan klarifikasi dan meminta maaf atas kegaduhan yang terjadi.

Kini, buntut kegaduhan itu muncul kabar mengejutkan yakni PSSI dan Erspo akan merombak jersey Timnas Indonesia.

Kabar perombakan jersey Timnas Indonesia ini disampaikan oleh Justinus Lakhsana di kanal Youtubenya, Senin 1 April 2024.

Pria yang akrab disapa Coach Justin itu melakukan pertemuan tertutup. Ia bertemu dengan pemilik Erspo, Muhammad Shadad dan perwakilan PSSI Marsal Marsita.

Dalam pertemuan itu, dia menyampaikan uneg-unegnya terkait jersey baru Timnas Indonesia itu dan bagaimana ia menyampaikan keresahan-keresahan warganet terkait jersey baru Timnas Indonesia buatan Erspo tersebut.

Justin menyebut bahwa Erspo dan PSSI menerima penuh kritikan dan masukan yang diberikan oleh warganet.

Dan keputusannya, jersey Timnas Indonesia itu bakal dirombak ulang. Desain jersey akan dibuatkan desain baru yang lebih bagus dariapda jersey yang beredar saat ini.

Selain itu Erspo juga menyanggupi penggunaan bahan yang lebih bagus untuk jersey baru Timnas Indonesia. 

Mereka juga akan merombak logo Timnas Indonesia yang belakangan banyak dikritik netizen.

Selain itu Erspo juga menyanggupi untuk memproduksi jersey dengan harga yang lebih terjangkau untuk masyarakat Indonesia secara keseluruhan.

Lantas, akankah Timnas Indonesia akan menggunakan jersey baru pada laga terdekat yakni Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia melawan Irak dan Filipina, Juni mendatang?

Disebutkan Justin bahwa Erspo saat ini sedang mengebut proses produksi jersey baru Timnas Indonesia ini. Namun, prosesnya tidak sebentar dan diperkirakan baru akan diluncurkan bulan September 2024 mendatang. 

Di mana Erspo juga berjanji akan mendengar lebih banyak masukan dari para penggemar sepak bola.

Mereka akan melibatkan beberapa insan sepak bola Indonesia dalam proses pembuatan jersey itu, sebelum nantinya akan dirilis.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya