Pemain Naturalisasi Tergiur Timnas Indonesia, Begini Cara Pendekatan PSSI

Pemain Timnas Indonesia merayakan gol ke Gawang Vietnam
Sumber :
  • PSSI

Jakarta – Timnas Indonesia sekarang ini tidak kekurangan pemain naturalisasi. Kabar berhembus jumlah akan bertambah karena pemain-pemain keturunan Indonesia yang ada di Eropa mulai tertarik untuk pindah kewarganegaraan.

Viral, STY Salami dan Peluk Seluruh Pemain Korsel usai Digilas Timnas Indonesia

PSSI kini nampak tak kesulitan untuk mencari pemain dari Eropa yang mau dinaturalisasi. Beberapa dari mereka yang sudah menjadi WNI bahkan memiliki rekam jejak karier mumpuni dan ada yang berusia muda.

Anggota Komite Eksekutif PSSI, Arya Sinulingga bicara soal ini. Dia memaparkan bagaimana PSSI bisa meyakinkan para pemain keturunan Indonesia di luar negeri untuk membela Skuad Garuda.

Erick Thohir Beberkan 'Kunci Sukses' Timnas Indonesia ke Media Asing

Sosok Ketua Umum PSSI, Erick Thohir dikatakan oleh Arya Sinulingga memiliki peran penting. Dia memiliki nama di sepakbola Eropa karena kaitan dengan Inter Milan dan Oxford United.

Menteri BUMN Erick Thohir

Photo :
  • Antara
Momen Shin Tae-yong Hibur Korea Selatan U-23 Usai Kalah Penalti

"Kita beruntung punya Ketum eks Presiden Inter Milan, kemudian dia juga punya Oxford, jadi ketika dia cari pemain berdarah Indonesia, itu informasinya akan banyak, dan beliau punya tim juga untuk melihat bagus atau tidaknya itu pemain," kata Arya kepada wartawan, kemarin.

Ketika sudah dapat pemain yang bisa dinaturalisasi, nantinya akan diserahkan kepada pelatih Shin Tae-yong untuk dinilai lebih lanjut. Proses lanjutannya Erick Thohir akan bicara langsung dengan pemain untuk memaparkan target Timnas Indonesia.

"Lalu kita beritahu STY, ini ada pemain, Anda tertarik tidak? Sepanjang yang diusulkan pak Erick, STY tidak menolak juga karena bagus-bagus," tutur Arya.

"kemudian pak Erick akan one-on-one dengan pemain lewat video call biasanya, dia akan diskusi dan akan paparkan kepada si pemain, visi misi Timnas dan target Timnas, dan bagaimana mereka akan diberi ruang untuk bermain," imbuhnya.

"Itu terjadi dan itu dialami semua pemain, jadi jangan heran banyak yang mau, karena pak Erick langsung turun tangan untuk presentasi soal PSSI dan Timnas, dia juga mempromosikan Indonesia akan jadi negara besar ke depannya."

Dalam beberapa kesempatan, Erick juga menggoda para pemain tersebut dengan potensi ketenaran yang meningkat. Seperti memprediksi media sosial pribadi sang pemain akan meningkat jumlah pengikutnya begitu desas-desus tentang dirinya mau dinaturalisasi muncul.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya