Penyebab Shin Tae-yong Tak Mungkin Naturalisasi Ciro Alves dan David da Silva

Selebrasi striker Persib Bandung, Ciro Alves dan David da Silva
Sumber :
  • ligaindonesiabaru.com

VIVA – Dukungan naturalisasi untuk dua pemain Persib Bandung, Ciro Alves dan David da Silva mengalir deras di kalangan netizen di media sosial. Hal itu lantaran duet pemain asal Brasil ini sangat tajam dan membantu Persib lolos ke final Champions Series Liga 1 2023/2024.

Timnas Indonesia U-20 di Toulon Cup 2024: Pasukan Indra Sjafri Dibobol 14 Kali, Cuma Bikin 2 Gol

Musim ini, David menjadi top scorer sementara Liga 1 dengan 27 gol dan 9 assist. Sedangkan Ciro membuntuti dengan torehan 16 gol dan 10 assist untuk Maung Bandung.

Dengan statistik itu, Ciro dan David da Silva didorong untuk menjadi pemain naturalisasi Timnas Indonesia. Apalagi, pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong saat ini sedang gencar menjalankan program tersebut.

Pengakuan Jujur Sabreena Dressler soal Hubungan dengan Justin Hubner

Akan tetapi, ada hambatan untuk merealisasikan hal itu. Adapun salah satu persyaratan naturalisasi adalah calon Warga Negara harus tinggal 5 tahun berturut-turut atau paling singkat 10 tahun tidak berturut-turut. 

Ciro Alves memang memenuhi persyaratan bermain di Indonesia selama lima tahun berturut-turut sejak 2019. Hanya saja, masih harus dipastikan ia tidak kembali ke kampung halaman selama masa naturalisasi. Sedangkan David da Silva sulit untuk menjalani naturalisasi karena sempat hijrah ke Terengganu pada musim 2021.

Pengakuan Mengejutkan Van Dijk Ingin Bela Timnas Indonesia, Bawa-bawa Nama Shin Tae-yong

Selain persyaratan itu, kedua pemain ini juga belum tentu masuk kriteria pemain yang diinginkan Shin Tae-yong. Pasalnya, Juru racik asal Korea Selatan itu hanya mengusulkan pemain-pemain yang merumput di luar negeri.

Selain itu, STY juga selalu menyodorkan pemain yang punya darah keturunan Indonesia. "Saya hanya mau pemain yang memiliki keturunan Indonesia (untuk dinaturalisasi) dan bukan yang tidak memiliki darah Indonesia," ucap Shin Tae-yong beberapa waktu lalu.

KIper Timnas Italia, Gianluigi Donnarumma

Kata Donnarumma Usai Timnas Italia Masuk Grup Neraka di Euro 2024

Timnas Italia, sang juara bertahan masuk grup neraka di Euro 2024. Mereka tergabung dengan tim unggulan lainnya seperti Spanyol, Kroasia, dan Albania.

img_title
VIVA.co.id
15 Juni 2024