Guardiola: Saya Lupa Kapan Bilang Roberto De Zerbi Pas Jadi Manajer Manchester City

Manajer Manchester City Pep Guardiola
Sumber :
  • AP Photo/Petros Giannakouris

VIVA – Pep Guardiola membantah spekulasi yang mengklaim bahwa dia mendukung Roberto De Zerbi untuk mengambil alih jabatan manajer Manchester City ketika dia pergi.

Ganas, Arsenal Ngamuk di Kandang Tottenham

Sebuah cerita muncul yang mengklaim bahwa pelatih asal Catalan itu secara pribadi memberi kepercayaan kepada bos Brighton untuk menggantikannya setelah City bermain imbang di Stadion Amex pada bulan Mei.

Namun, meski Guardiola mungkin meragukan apakah hal itu terjadi, ia berulang kali memuji pelatih Italia itu secara berlebihan dan tetap demikian menjelang pertemuan kedua klub pada hari Sabtu.

Mohamed Salah Rahasiakan Penyebab Ribut dengan Klopp

Guardiola, yang masa depannya setelah kontraknya berakhir pada 2025 masih belum jelas, mengatakan: 

“Saya tidak ingat itu. Mungkin ingatan saya buruk, tapi saya yakin Roberto bisa bekerja di tim mana pun di seluruh dunia. Saya tidak ragu.

Ten Hag Mulai Tak Percaya Diri, Apa Kurangnya Manchester United?

"Saya tidak ingat mengatakan hal itu kepada para pemain. Saya ingat mengatakan sebelum dia tiba, satu atau dua pertandingan setelahnya, tentang mempertahankan manajer, tapi saya tidak ingat mengatakan itu dengan jujur.

"Itu bukan urusanku. Kalau ketua menanyakan pendapatku aku akan memberikan pendapatku tapi itu bukan urusanku. Saya bukan direktur olahraga. Bukan tanggung jawab saya untuk mengatakan apa yang benar atau salah," sambungnya.

Mantan bos Sassuolo dan Shakhtar Donetsk De Zerbi telah membuat kesan besar sejak mengambil alih Brighton setahun yang lalu.

Dia membimbing klub ke kompetisi Eropa untuk pertama kalinya dengan finis di peringkat keenam Liga Premier musim lalu dan mereka memulai musim ini dengan baik.

Guardiola merasa ini membuktikan seorang manajer tidak perlu memiliki pengalaman di level tertinggi untuk mendapatkan pekerjaan terbesar.

Dia berkata: "Itu tidak berarti Anda harus berada di klub-klub top untuk menjadi manajer klub-klub top. Saya ditunjuk sebagai (manajer) tim utama Barcelona yang berasal dari divisi empat tanpa pengalaman di level teratas.

“Anda mempunyai ide tentang klub, direktur olahraga mengikuti ide tersebut, mereka merekrut manajer untuk ide ini, mereka merekrut pemain untuk mengikuti ide tersebut. Ketika itu terjadi, maka semuanya akan berjalan dengan baik.

“Man City telah melakukan ini, Liverpool bersama Jurgen (Klopp) selama bertahun-tahun – memenangkan gelar dengan proses dan ide yang sama.”

Guardiola, secara luas dianggap sebagai pelatih terhebat di generasinya setelah tahun lalu menambahkan gelar Liga Champions ketiga ke dalam CV gemerlapnya yang juga mencakup lima kemenangan Liga Premier.

Namun ia merasa bisa belajar dari pelatih muda seperti De Zerbi yang berusia 44 tahun. Dia berkata: "Para pemainnya selalu dalam posisi bentuk tubuh yang sempurna untuk mendapatkan bola.

“Itu adalah hal yang bodoh untuk dikatakan tetapi merupakan salah satu poin penting. Semua orang bergerak pada momen yang tepat, tempo.
Sepakbola bukanlah ‘Anda harus bergerak’, melainkan kapan. Ini adalah bentuk tubuh yang sempurna. Benar-benar bagus. Semua yang dia lakukan masuk akal dan saya belajar," jelasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya