Gerard Pique Pensiun Meninggalkan Sanksi Larangan Bertanding

Gerard Pique menangis di laga perpisahan bersama Barcelona
Sumber :
  • AP Photo/Joan Monfort

VIVA Bola – Pertandingan terakhir Gerard Pique sebelum pensiun bersama Barcelona rupanya meninggalkan noda. Sebab, dia mendapatkan sanksi larangan bertanding sebanyak empat kali dari Federasi Sepakbola Spanyol (RFEF).

Shin Tae-yong Beber Alasan 'Sentil' AFC

Mengutip Sport, RFEF mengeluarkan daftar sanksi pada Rabu malam WIB 16 November 2022. Di dalamnya ada sanksi kepada Pique.

Pique didakwa bersalah karena telah berbicara menghina wasit saat Barcelona melawan Osasuna. Akibatnya dia mendapat sanksi larangan bermain dan juga denda sebesar 2.400 euro (Rp39 juta).

Jelang Indonesia U-23 Vs Irak U-23, Shin Tae-yong 'Sentil' AFC

Barcelona menang di laga perpisahan Gerard Pique

Photo :
  • AP Photo/Joan Monfort

Barcelona sebagai klub juga terkena imbas dari perilaku Pique tersebut. Mereka harus membayar denda sebesar Rp23 juta.

Instruktur Wasit PSSI: Keputusan Shen Yinhao Sudah Tepat

"Penghinaan, pelanggaran verbal dan sikap menghina. Menangguhkan Gerard Pique untuk empat pertandingan berdasar pasal 99 Kode Disiplin. Fakta-fakta termasuk dari laporan wasit, dengan denda tambahan untuk klub sebesar 1.400 euro dan 2.400 kepada pemain dalam penerapan pasal 52."

Sebelum pertandingan melawan Osasuna tersebut, Pique sudah mengumumkan akan pensiun. Itu akan jadi laga terakhirnya bersama tim asal Catalan.

Gerard Pique dan Xavi Hernandez

Photo :
  • AP Photo/Joan Monfort

Sanksi dari RFEF ini tidak bisa dijalani oleh Pique yang sudah gantung sepatu. Tapi menjadi noda di pertandingan profesional terakhirnya.

Menurut laporan dari Sport, Pique berbicara kepada wasit setelah babak pertama Barcelona melawan Osasuna di El Sadar selesai. Dia berlari ke lorong menuju ruang ganti untuk mencari wasit Gil Mazano.

Pada momen itulah Pique berbicara dan dianggap tidak menghormati wasit. Dia dilaporkan telah berlaku di luar batas kewajaran. Itu pula alasan dia mendapat kartu merah meski duduk di bangku cadangan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya