Mikel Arteta Diincar Barcelona Untuk Jadi Manajer Baru Gantikan Xavi

Gelandang Arsenal, Martin Odegaard bersama Mikel Arteta
Sumber :
  • AP Photo/Alastair Grant

Spanyol – Mikel Arteta ada di daftar hit Barcelona untuk menggantikan bos Xavi Hernandez yang akan mundur dari jabatannya di akhir musim. 

Waspada 4 Pemain Uzbekistan U-23, Ada yang Lawan Arsenal di Liga Champions

Arteta memiliki 18 bulan tersisa dalam kontraknya dengan Arsenal tetapi pekerjaan membangun kembali di Emirates telah membuatnya mendapatkan banyak pengagum di raksasa Catalan. 

Orang Spanyol itu telah mengubah Arsenal dari juga berlari menjadi pesaing gelar asli sejak mengambil alih dari Unai Emery, dan juga membawa mereka ke kejayaan Piala FA pada tahun 2020. 

6 Pemain yang Bisa Didatangkan Inter Milan, dari Juara Serie A hingga Penantang Liga Champions

Dan Arsenal yakin dia tetap bahagia di Emirates dan berada dalam jarak jauh karena kasih sayangnya yang mendalam untuk klub dan keinginan untuk terus menantang Manchester City untuk penghargaan.

Manajer Arsenal, Mikel Arteta

Photo :
  • twitter.com/Arsenal
Leandro Trossard Menyela Ben White dengan Tegas, Akhiri Perdebatan Tentang Bintang Arsenal

Namun terlepas dari kesengsaraan keuangan mereka, Barca percaya pendekatan dari klub tempat ia memulai karir bermain profesionalnya dapat menggoda Arteta di musim panas.

Dan waktunya bisa sempurna untuk presiden Barcelona Joan Laporta, yang telah bersumpah dia tidak akan memecat Xavi sebelum akhir musim.

Xavi mengumumkan setelah kekalahan 5-3 hari Sabtu dari Villarreal bahwa dia akan mundur sebagai bos Barca, mengklaim tim yang dia wakili dengan perbedaan seperti pemain membutuhkan “perubahan arah dan dinamika”. 

Laporta bersikeras dia senang dengan pengaturan itu dan tidak memiliki rencana untuk menggulingkan Xavi sebelum akhir kampanye.  

“Dia adalah orang yang jujur, bertindak dengan martabat total dan mencintai Barca,” kata Laporta, dikutip dari Mirror, 29 Januari 2024. 

Mantan Presiden Barcelona, Joan Laporta berkunjung ke Indonesia

Photo :

“Saya menerimanya karena saya tahu bahwa dia akan berkomitmen penuh sampai akhir musim. Ini adalah formula yang saya terima karena Xavi mengusulkannya dan dia adalah legenda Barcelona,” imbuhnya.

Kekalahan dari Villarreal membuat Barcelona jauh dari kecepatan dalam perburuan gelar La Liga sementara klub Catalan telah dieliminasi oleh Athletic Bilbao di perempat final Copa del Rey.

“Liga akan sulit untuk dimenangkan, tetapi itu bukan tidak mungkin. Kami harus bersaing sampai akhir dan melihat apa yang terjadi. Kami akan membutuhkan dukungan dari penggemar kami sehingga kami dapat mencoba memenangkan Liga Champions. Kami akan pergi selangkah demi selangkah. Dengan komitmen semua orang, saya percaya bahwa kami masih dapat mencapai beberapa tujuan yang telah kami tetapkan untuk musim ini,” tegas Laporta.

Nama-nama lain dalam bingkai untuk menggantikan Xavi termasuk Michel, bos Girona, manajer tim Barcelona ‘B’ Rafa Marquez dan pelatih kepala Bologna Thiago Motta, dua opsi terakhir telah menikmati kesuksesan besar saat bermain untuk Barca.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya