5 Kandidat Kuat Pengganti Enrique di Barcelona

Pelatih timnas Spanyol, Luis Enrique.
Sumber :
  • REUTERS/Vincent West

VIVA.co.id – Luis Enrique telah mengumumkan bakal meninggalkan jabatan sebagai pelatih Barcelona. Pelatih 46 tahun ini tak akan melatih Blaugrana musim depan.

Pengakuan Pochettino Usai Chelsea Dibantai Arsenal

Mantan pelatih Celta Vigo ini mengungkapkan keputusannya tersebut usai Barcelona menang 6-1 atas Sporting Gijon di Camp Nou, Kamis 2 Maret 2017 dini hari WIB. Enrique tidak akan memperpanjang kontraknya, yang akan habis pada akhir musim.

Enrique ingin beristirahat dahulu dari kariernya sebagai pelatih. Mantan kapten El Barca ini mengakui lelah dalam membangun tim yang kuat dalam beberapa tahun terakhir ini.

Chelsea Bikin Mikel Arteta Terkesan

Muncul pertanyaan, siapakah yang akan menggantikan Enrique musim depan? Beberapa nama muncul sebagai kandidat pelatih 46 tahun ini. Berikut seperti dilansir Soccerway:

1. Jorge Sampaoli

Cole Palmer Jadi Pusat Perhatian Jelang Man City vs Chelsea

Messi Ajukan Pelatih Sevilla untuk Gantikan Enrique
Sampaoli melakoni debut apik bersama Sevilla musim ini. Pelatih asal Argentina ini membawa Sevilla bersaing ketat dengan Real Madrid dan Barcelona dalam memburu gelar LaLiga. Sampaoli diyakini bisa cocok menangani Barca.

2. Ernesto Valverde

Hasil gambar untuk ernesto valverde
Valverde mampu meraih prestasi mengesankan bersama Athletic Bilbao. Pelatih 53 tahun ini tetap mampu membangun tim di tengah tradisi Bilbao yang mengedepankan pemain asal Basque. Valverde bisa menjadi pilihan bagus untuk Barca, yang sangat bangga dengan komunitas dan budaya Catalan.

3. Eusebio Sacristan

Moyes Didepak, Sociedad Tunjuk Eks Asisten Pelatih Barca
Pep Guardiola, Tito Vilanova, dan Luis Enrique memiliki pengalaman melatih di Barcelona B sebelum menangani tim senior Barca. Melihat hal ini, Eusebio bisa menjadi pilihan selanjutnya. Sejak mengambil alih David Moyes sebagai pelatih Real Sociedad, Eusebia membawa Sociedad menjadi pesaing kuat dalam memburu tiket Liga Champions.


4. Ronald Koeman

Tunda Perpanjang Kontrak, Sinyal Koeman ke Barcelona?
Tercatat sebagai bek legendaris Barca, Koeman sempat mencetak gol yang membawa Barca merebut Liga Champions pertama pada 1992. Koeman tak menyembunyikan keinginan untuk menukangi Blaugrana. Namun, dia baru melatih beberapa bulan di Everton dari kontrak yang tersisa tiga tahun. Tentunya, Barca harus membayar mahal untuk mendatangkan pelatih asal Belanda ini.

5. Mauricio Pochettino

Manajer Tottenham Tanggapi Isu akan Tukangi Barcelona
Pernah memiliki pengalaman sebagai pelatih tim sekota Barca, Espanyol membuat Pochettino memiliki nilai lebih. Manajer asal Argentina ini diyakini cocok dengan gaya Blaugrana. Kebiasaan pelatih 44 tahun ini yang sering mengorbitkan pemain muda, sangat pas untuk Barca yang memiliki akademi La Masia.

6. Kandidat lain
Selain lima kandidat itu, masih ada beberapa nama yang layak dikedepankan. Arsene Wenger masuk dalam kandidat, karena kontraknya bersama Arsenal akan habis akhir musim ini. Lalu ada eks pelatih Prancis, Laurent Blanc yang punya sejarah sebagai pemain Barcelona.

Mantan pelatih tim muda Barca, Oscar Garcia juga masuk dalam kandidat. Lalu, ada Frank De Boer yang tengah menganggur usai dipecat Inter Milan. Yang menarik, manajer Manchester City, Pep Guardiola juga masuk nominasi. Padahal, dia sempat menegaskan tak akan melatih Barca lagi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya