Vietnam Turunkan 8 Nguyen saat Ditekuk Timnas Indonesia, Begini Asal Usul Nama Nguyen

Pemain Timnas Vietnam, Nguyen Quang Hai saat melawan Timnas Indonesia
Sumber :
  • AP Photo/Hussein Sayed

QATAR – Ada fakta menarik di balik kemenangan Timnas Indonesia atas Timnas Vietnam di penyisihan Grup D Piala Asia 2023. Skuad Garuda berhasil menang tipis 1-0 di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Jumat, 19 Januari 2023.

Piala Asia Wanita U-17 Segera Dimulai di Pulau Dewata, Gratis Buat yang Mau Nonton

Dalam duel tersebut, pelatih Vietnam, Philippe Troussier menurunkan delapan pemain dengan nama Nguyen. Enam pemain menjadi starter dan dua lainnya masuk dari bangku cadangan.

Enam Nguyen yang menjadi starter adalah Filip Nguyen, Nguyen Thanh Binh, Nguyen Tuan Anh, Nguyen Quang Hai, Nguyen Van Tung dan Nguyen Thai Song.

5 Potret Keharmonisan Keluarga Shin Tae-yong dan Istri Cantiknya yang Bak Artis Korea

Dua Nguyen lagi turun sebagai pemain pengganti. Nguyen Van Toan menggantikan Nguyen Quang Hai di menit 72. Lalu, ada Nguyen Van Truong masuk menggantikan Nguyen Van Tung di menit 79.

Asnawi Mangkualam di laga Timnas Indonesia vs Vietnam

Photo :
  • asiancup
Pesan KBRI Doha untuk Suporter Jelang Timnas Indonesia U-23 Vs Irak

Lantas kenapa di Vietnam ada begitu banyak nama Nguyen? Berikut penjelasannya.

Nama Nguyen memang menjadi nama yang sangat familiar di Vietnam. Dilansir dari berbagai sumber, nama Nguyen pertama kali dipakai pada tahun 1802 saat Dinasti Nguyen berhasil merebut kekuasaan dari Dinasti Mac.

Di bawah kekuasaan dinasti yang baru, masyarakat kemudian memilih mengganti nama mereka menjadi Nguyen demi bisa terhindar dari kewajiban membayar pajak. 

Selain itu, nama Nguyen juga sengaja dipakai agar mereka bisa terhindar dari eksekusi akibat memiliki hubungan dengan pemerintahan sebelumnya, yakni Dinasti Mac.

Sejak masa itu, nama Nguyen terus tersebar ke berbagai penjuru dan terus dipakai hingga sekarang. Masyarakat disana juga percaya jika orang-orang yang memiliki nama Nguyen akan terhindar gangguan, penganiayaan, dan akan bisa menjadi orang yang berpengaruh bagi masyarakat sekitar.

Yang pasti, kemenangan Indonesia atas Vietnam membuat Skuad Garuda menjaga asa lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023. Sedangkan Vietnam dipastikan tersingkir karena kalah head to head dari Jepang dan Indonesia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya