Baju Sudah Masuk Koper, Timnas Indonesia Batal Pulang Kampung

Pemain Timnas Indonesia
Sumber :
  • Instagram @asnawi_bhr

Jakarta – Kamis malam WIB 25 Januari 2024, penggemar sepakbola Indonesia bersuka cita. Karena Timnas Indonesia dipastikan batal 'pulang kampung' lebih cepat dari Piala Asia 2023 Qatar.

Momen Shin Tae-yong Hibur Korea Selatan U-23 Usai Kalah Penalti

Hasil pertandingan Kirgistan vs Oman yang berakhir imbang 1-1 membuat Timnas Indonesia merebut tiket ke babak 16 besar Piala Asia 2023. Skuad asuhan Shin Tae-yong ada di urutan keempat klasemen peringkat ketiga terbaik.

Indonesia memiliki tiga poin hasil dari tiga pertandingan. Jumlah itu sudah cukup untuk memenangi persaingan dengan Oman dan China yang membukukan dua poin.

Media Asing Soroti Suporter Indonesia di Qatar, Sebut Jadi 'Mini Jakarta'

Cerita pemain Timnas Indonesia, Adam Alis di Instagram

Photo :
  • Instagram

Yang menarik dari keberhasilan Indonesia lolos ke babak 16 besar adalah cerita yang dibagikan Adam Alis lewat Instagram. Terlihat baju yang dibawanya sudah rapih masuk ke dalam koper.

Korea Selatan U-23 Beber Situasi Tak Enak Lawan Indonesia U-23

Bukan tanpa alasan itu dilakukan, karena memang peluang Indonesia tinggal menunggu hasil laga Kirgistan vs Oman. Dan sejak menit kedelapan, Oman sudah unggul. Baru di menit 80 Kirgistan mencetak gol penyama kedudukan.

Deg-degan Sejak Awal Matchday Ketiga

Timnas Jepang rayakan gol ke gawang Timnas Indonesia

Photo :
  • AP Photo/Thanassis Stavrakis

Sejak matchday ketiga Piala Asia 2023 dimulai pada 22 Januari 2024, peluang Indonesia untuk lolos ke babak 16 besar sudah ditentukan. Di awal, China yang sudah gugur dari persaingan, karena cuma dua poin di Grup A.

Indonesia tinggal menanti pesaing dari grup lain di klasemen peringkat ketiga terbaik tergelincir lagi keesokan hari. Sayangnya, Suriah yang jadi saingan berikutnya bisa menang atas India di Grup B dengan skor 1-0.

Peluang Indonesia untuk lolos ke babak 16 besar kembali mengecil. Karena dari Grup C, Palestina berhasil memenangkan pertandingan lawan Hong Kong dengan skor 3-0. Itu membuat mereka memiliki empat poin.

Skuad Garuda harus menentukan nasibnya sendiri di Grup D. Tapi itu sulit karena lawannya Jepang, dan benar saja, kekalahan 1-3 mereka dapatkan. Tiga poin dari tiga laga jadi catatan Indonesia di fase grup.

Pesaing dari Grup E untuk memperebutkan tempat di klasemen peringkat ketiga terbaik agak sulit. Bahrain sudah punya tiga poin juga, dan dua tim lainnya, Jordania dan Korea Selatan sudah memiliki empat poin.

Bahrain kemudian berhasil menang 1-0 atas Jordania dan membuat mereka ke puncak klasemen. Sementara Korea Selatan di urutan kedua dengan lima poin karena imbang 3-3 melawan Malaysia.

Peluang Indonesia kemudian ditentukan oleh Oman dari Grup F. Mereka baru punya satu poin dan melawan Kirgistan yang nol poin di matchday terakhir.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya