CEO Apple Bantah Bisa Akses Data Pengguna Facebook

CEO Apple Tim Cook.
Sumber :
  • REUTERS/Robert Galbraith

VIVA – Chief Executive Officer Apple Tim Cook membantah pemberitaan jika mereka mampu mengakses dan mencuri data pengguna Facebook.

Taliban Plans to Block Facebook Access in Afghanistan

Selain Apple, nama besar seperti Samsung, Microsoft dan BlackBerry, juga terseret dalam tudingan tersebut.

Ia menegaskan bahwa isi pemberitaan tersebut sangat asing bagi dirinya karena pihak Apple tidak pernah mendapatkan akses data sama sekali.

Taliban Akan Blokir Akses Facebook di Afghanistan

"Kami tidak pernah berada di bisnis data. Kami malah melakukan integrasi kemampuan pada membagikan sistem operasi seperti memudahkan sharing foto," kata Cook dilansir CNet, Selasa, 5 Juni 2018.

Beberapa tahun terakhir, Apple menjadi pendukung keamanan privasi pengguna. Cook juga ikut bersuara untuk memperingatkan soal bahaya media sosial dan layanan online gratis lainnya.

Puluhan Pelaku Kejahatan Diciduk Polres Depok, 2 di Antaranya Tega Bacok Korban

Dalam interview pada 2014 lalu, Cook mengingatkan banyak orang untuk menanyakan cara sebuah perusahaan mendapatkan uang.

Jika dengan mengoleksi data pribadi pengguna, orang-orang harus mulai khawatir. "Anda harus tahu apa yang terjadi dengan data tersebut. Perusahaan juga harus transparan mengenai hal itu," kata Cook.

Dalam pemberitaan yang beredar, kemampuan sekitar 60 produsen smartphone dan tablet untuk mengakses data karena adanya kerja sama dengan Facebook.

Kerja sama itu membuat platform bisa integrasi ke dalam sejumlah ponsel. Misalnya, pengguna Blackberry bisa melakukan panggilan terhadap teman Facebook lewat ponsel miliknya. (an)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya