Kabar Gembira untuk Pengguna Android, Facebook Tak Mata-mataimu Lagi

Ilustrasi deteksi lokasi
Sumber :
  • www.newsroom.fb.com

VIVA – Kabar gembira buat kamu pengguna aplikasi Facebook di platform Android yang tak ingin dimata-matai. Pembaruan anyar aplikasi versi Android itu akan membuat pengguna fleksibel apakah mau berbagi lokasi dengan Facebook atau tidak.

Taliban Plans to Block Facebook Access in Afghanistan

Dengan demikian, pengguna Android tak cemas lagi dimata-matai oleh media sosial raksasa besutan Mark Zuckerberg tersebut. 

"Kami mengumumkan pembaruan kendali lokasi Facebook pada Android sehingga pengguna punya banyak opsi bagaimana kami mengumpulkan dan menyimpan lokasi informasi," ujar Engineering Director, Location Infrastructure Facebook, Paul McDonald, dikutip dari Gadgetsnow, Jumat 22 Februari 2019.

Taliban Akan Blokir Akses Facebook di Afghanistan

Dia mengatakan pembaruan ini menegaskan pengguna punya kendali atas informasi lokasi mereka. 

"Kami tidak melakukan perubahan pada pilihan yang telah kami buat sebelumnya dan kami juga tidak mengumpulkan informasi baru sebagai hasil pembaruan ini," tegas McDonald.

Puluhan Pelaku Kejahatan Diciduk Polres Depok, 2 di Antaranya Tega Bacok Korban

Pada pembaruan aplikasi Facebook Android, akan muncul opsi tunggal aktif atau nonaktifkan layanan lokasi.

Jika kamu mengaktifkan layanan lokasi artinya kamu bersedia menginformasikan posisimu kepada Facebook dan sebaliknya. Pembaruan ini akan memberikan opsi untuk mematikan pelacakan lokasi latar belakang.

Informasi lokasi pada aplikasi Facebook memungkinkan media sosial ini melacak posisi pengguna, termasuk saat dalam keadaan tak memakai aplikasi media sosial itu. 

Misalnya saat kamu menggunakan fitur Nearby Friends di Facebook. Fitur ini memungkinkan Facebook untuk melacak lokasi pengguna bahkan saat tidak menggunakan aplikasi. Facebook akan melacak lokasi terakhir pengguna.

Fitur untuk mematikan pelacakan lokasi sebelumnya sudah hadir untuk pengguna iOS dan kini hadir pada aplikasi Android. (dhi)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya