Tetangga DKI Jakarta Jadi Lokasi Trafik Tertinggi Tiap Jelang Lebaran

Ilustrasi menara BTS.
Sumber :
  • VIVAnews/Muhammad Firman

VIVA – Menjelang Lebaran atau Hari Raya Idul Fitri, Provinsi Lampung menjadi lokasi trafik data tertinggi untuk wilayah Sumatera. Alasannya karena menjadi pintu masuk dan keluar para pemudik Pulau Sumatera dan Jawa.

Indosat Siap Bantu Pemerintah Ciptakan 1 Juta Talenta Digital

Division Head Sumatera Field Engineer Indosat Ooredoo, Selo Purnomo mengaku, untuk angka pasti kenaikannya memang tidak ada. Namun, secara rata-rata kenaikannya sama seperti nasional.

"Kalau secara nasional itu kenaikan trafik data umumnya antara 15-20 persen," kata Selo di Padang, Sumatera Barat, Kamis, 25 April 2019.

Respons Gibran Soal Indosat dan Nvidia Akan Bangun Pusat Pengembangan Kecerdasan Buatan di Solo

Ia menuturkan kenaikan trafik data ini terjadi karena masyarakat lebih menggunakan platform pesan instan seperti WhatsApp untuk mengirimkan pesan Lebaran.

Berbeda dengan beberapa tahun lalu yang masih menggunakan layanan pesan pendek atau SMS, Selo mengatakan bahwa kenaikan pesan instan ini bisa mencapai tiga kali lipat saat Lebaran.

Pusat Komando Diaktifkan, 2 Ribu Petugas Dikerahkan

Jelang sampai akhir Ramadan, penggunaan trafik data Indosat turut naik. Selo menyatakan bahwa saat itu adalah waktu pengguna Indosat untuk bertukar pesan saling maaf-memaafkan.

Namun, Selo juga mengatakan belum tentu tren yang sama akan terjadi lagi pada tahun ini. "Perbedaannya saat Lebaran trafiknya shifting," tutur Selo.

Pusat Komando (Command Center) Indosat Ooredoo Hutchison/IOH.

Indosat Tetap Tenang meski Ada Lonjakan

Lonjakan ini telah diprediksi sehingga dapat diantisipasi.

img_title
VIVA.co.id
22 April 2024