Rumahnya Rawan Perompak Wifi, Marshel Widianto: Indihome Aja Dijebol

Ki-ka: Marshel Widianto, Tissa Biani, dan Mamat Alkatiri.
Sumber :
  • VIVA/Muhamad Solihin

VIVA – Komika Marshel 'Sobat Misqueen' Widianto membeberkan kalau di rumahnya sekarang berlangganan wifi dan TV kabel. Ia mengatakan sejak ayahnya meninggal dunia praktis menjadi tulang punggung keluarga membiayai kebutuhan sehari-hari keluarganya.

Kesaksian Marshel Widianto Soal Kondisi Babe Cabita Pasca CT Scan

Hal tersebut terungkap saat Marshel berbincang dengan Gofar Hilman di video channel YouTube Ngobrak, Jumat, 16 Oktober 2020. "Ada wifi dan TV kabel sekarang. Kacau hidup gw. Hedon. Listrik (bayar Rp500 ribu per bulan), PAM (Rp300 ribu), wifi ambil paket yang Rp500 ribu. Total-total ada Rp2 juta (per bulan) buat rumah," ungkap dia.

Baca: Lagi WFH Jangan Sampai WiFi Lemot

Laptop yang Bisa Menangkap Sinyal WiFi Ratusan Meter Dijual di Indonesia

Soal wifi, Marshel mengaku mengambil paket berlangganan yang lebih mahal untuk mengantisipasi supaya password-nya tidak dijebol oleh orang tidak dikenal.

"Jebolan-jebolan password banyak di (Tanjung) Priuk bang. Kanan-kiri gw semua lintah darat. Perompak wifi semua. Bisa logh dia ngejebol Indihome. Gila," tegas Marshel.

Pemkot Depok Sediakan 878 Titik Wifi Gratis Tanpa Password, Cek Posisinya

Apalagi, kata dia, sekarang sekolah semuanya lewat online. Selain butuh wifi juga smartphone dan laptop. Oleh karena itu, pria bertubuh subur ini mengaku sudah memfasilitasi semuanya supaya aktivitas lancar.

"Butuh banget (smartphone dan laptop). Gw beliin untuk supaya lebih nyaman (sekolah online), gitu," tutur Marshel Widianto.

Tips supaya wifi aman

Namun sebenarnya terdapat tips untuk mengantisipasi jebolnya wifi di rumah. Melansir situs resmi Norton, perusahaan solusi keamanan siber itu menyebut cara pertamanya adalah mengubah nama SSID dari wifi rumah.

SSID merupakan nama pengenal set layanan dan jika tidak diubah akan jadi kesempatan emas bagi peretas untuk membobol jaringan. Selain itu juga dengan membuat sandi unik dan kuat.

Cara ini memang agak klasik tapi bisa mengantisipasi password mudah ditebak dan disusupi orang-orang tak dikenal. "Pastikan password memiliki panjang 20 karakter, serta pakailah kombinasi angka, huruf dan juga simbol," demikian keterangan resmi Norton.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya