Berlian Langka di Bumi Berasal dari Planet 4,5 Miliar Tahun

Ilustrasi asteroid menghantam bumi.
Ilustrasi asteroid menghantam bumi.
Sumber :
  • U-Report

VIVA Tekno – Misteri meteorit yang mengandung berlian, yang ditemukan di seluruh dunia akhirnya terpecahkan. Para ilmuwan dari RMIT dan Monash University di Australia telah menemukan bahwa berlian terbentuk di sebuah planet kerdil kuno dari Tata Surya.

Planet ini kemungkinan menabrak asteroid raksasa sekitar 4,5 miliar tahun yang lalu, mengakibatkan suhu yang sangat besar dan tekanan sedang.

Kondisi ini menyebabkan grafit di batuan luar angkasa mengalami proses yang mengubahnya menjadi lonsdaleite atau berlian berbentuk heksagonal yang langka.

Saat planet mendingin dan tekanan berkurang, berlian yang dihasilkan menjadi biasa, melansir dari situs Daily Mail, Rabu, 14 September 2022.

"Kami berpikir lonsdaleite dapat digunakan untuk membuat suku cadang mesin yang sangat kecil dan sangat keras jika kami dapat mengembangkan industri yang mendorong penggantian suku cadang grafit dengan lonsdaleite," ujar ahli geologi Andy Tomkins.

Para ilmuwan mempelajari 18 spesimen meteorit ureilite yang dikumpulkan dari seluruh dunia untuk menyelidiki asal-usulnya.

Ureilite adalah kelompok meteorit batu langka yang jumlahnya kurang dari satu persen meteorit yang jatuh ke Bumi.