Chelsea Islan Berhenti Beli Berlian karena Fakta Mengerikan Ini

Chelsea Islan
Sumber :
  • IG Chelsea Islan

JAKARTA – Chelsea Islan menunjukkan dukungannya untuk melestarikan lingkungan dan alam sekitar dengan cara mengurangi penggunaan berlian. Aktris cantik itu mengaku sejak dulu sangat suka mengoleksi dan memakai berlian-berlian mewah nan langka yang ia dapatkan dari berbagai negara. Tetapi, minat Chelsea Islan terhadap berlian itu langsung menurun sejak ia tahu bagaimana proses untuk menghasilkannya.

Skenario Tante Bunuh Keponakan di Tangerang, Ambil Perhiasan Korban Biar Dikira Kasus Pencurian

Chelsea Islan akhirnya memutuskan untuk berhenti membeli berlian impor karena ia tahu proses pembuatan sebuah berlian itu akan merusak lingkungan. Hal tersebut sangat bertolak belakang dengan prinsip berkelanjutan yang ia terapkan.

Chelsea Islan.

Photo :
  • Disney+ Hotstar
dr Boyke Ngaku Diperlihatkan Mr P Punya Artis Usai Dipijat Jadi Besar, Ternyata Palsu

"Nah aku senang banget sama diamond dari dulu memang, tapi aku selalu mikir. Makanya aku sebenarnya ngga terlihat pakai diamond karena aku mikir, ngapain aku beli diamond kalau itu menghancurkan lingkungan kita? Iya ngga sustainable sama sekali," kata Chelsea Islan, mengutip unggahan di Instagram @rumpi_gosip, Senin 20 November 2023.

Selain merusak lingkungan, ternyata proses mendapatkan berlian di banyak negara Afrika sering kali melibatkan anak-anak di bawah umur. Chelsea Islan mengungkapkan isu child labor, atau mempekerjakan dan mengeksploitasi anak kecil, masih sangat tinggi di negara-negara benua Afrika, termasuk India.

Bukan Foya-Foya, Kartika Putri Ngaku Tas Branded Adalah Hadiah dari Habib Usman

Mengetahui hal itu, Chelsea Islan semakin mantap untuk berhenti membeli diamond, mengingat ada banyak anak kecil di luar sana yang dikuras tenaganya untuk menghasilkan sebuah berlian.

"Karena selain itu ada satu hal lagi yang aku sangat-sangat anti banget adalah child labor. Jadi kalau pertambangan berlian itu pastinya di Kenya, Rwanda, pokoknya di Afrika dan India, itu udah menjadi topik nomor 1 banget untuk child labor. Banyak sekali anak kecil yang dipekerjakan di situ," jelas Chelsea Islan.

Pemain film Sebelum Iblis Menjemput itu berpendapat bahwa anak-anak di bawah umur tersebut seharusnya mendapatkan pendidikan yang layak alih-alih dieksploitasi di pertambangan berlian.

"Mereka kan di bawah umur, mereka seharusnya di tempat yang dapat edukasi yang layak bukan dipekerjakan seperti itu dan banyak lainnya," katanya.

Chelsea Islan.

Photo :
  • VIVA/ Rintan Puspitasari

Chelsea Islan juga pernah menyaksikan film-film dokumenter yang mengangkat kisah nyata bagaimana kesengsaraan anak-anak kecil di pertambangan berlian tersebut. Mereka harus bekerja keras bahkan diperlakukan tidak selayaknya hingga banyak menelan korban jiwa.

"Untuk mengambil berlian dan membuatmu terlihat lebih bagus, padahal prosesnya itu menguras tenaga dan juga darah. Jadi banyak yang meninggal dan banyak yang tersiksa," ujarnya.

Proses pengambilan berlian dari tambang tersebut juga membuat rusak alam karena dilakukan pengerukan besar-besaran hingga menyebabkan polusi udara dan air.

Melihat semua hal itu, Chelsea Islan akhirnya mulai berhenti membeli berlian. Ia ingin mendukung pelestarian alam dan penghentian child labor yang masih marak terjadi di negara-negara Afrika.

"Dan ngga bagus untuk bumi kita juga karena berapa hektar coba yang dikeruk sampai kayak gitu, water usage nya juga, jadi ya bukan cuma polusi udara tapi polusi air juga," kata Chelsea Islan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya