Bumi Akan Pecah Rekor Terpanas

Ilustrasi cuaca panas.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA Tekno – Satu hingga lima tahun ke depan hampir pasti akan menjadi rekor terpanas. Kemudian akan ada dua dari tiga peluang dalam satu tahun di mana panas akan melewati ambang batas pemanasan global 1,5 derajat Celcius yang krusial, menurut laporan baru yang mengkhawatirkan oleh Organisasi Meteorologi Dunia.

Saham Bumi Resources Meroket Usai Umumkan Rencana Kuasi Reorganisasi, Ini Penjelasan Manajemen

Laporan tersebut, yang dikenal sebagai Global Annual to Decadal Climate Update, memperingatkan jika umat manusia gagal mengurangi emisi gas rumah kaca (GRK) menjadi nol bersih, catatan yang semakin buruk akan turun setelah dekade ini.

Jadi, apa yang mendorong prospek suram untuk lima tahun ke depan? El Nino yang akan membuat tren pemanasan global secara keseluruhan, kemungkinan akan mendorong suhu global ke tingkat rekor.

Ramalan Kiamat Dapat Sindiran Keras Gegara Timbulkan Hal Mengerikan Ini

Apakah Perjanjian Paris sudah gagal jika suhu rata-rata global melebihi ambang batas 1,5 derajat Celcius dalam salah satu dari lima tahun ke depan? Tidak, tetapi ini akan menjadi peringatan keras tentang apa yang akan terjadi jika kita tidak segera mengurangi emisi menjadi nol bersih.

Pembaruan Organisasi Meteorologi Dunia mengatakan ada peluang 98 persen setidaknya dalam satu hingga lima tahun ke depan menjadi rekor terpanas. Dan ada kemungkinan 66 persen setidaknya dalam satu tahun di atas ambang batas 1,5 derajat Celcius.

Indonesia Penghasil Emisi Karbon Terbesar di Dunia, Tanam Lebih Banyak Mangrove Bisa Jadi Solusinya

Ada juga kemungkinan 32 persen suhu rata-rata selama lima tahun ke depan akan melebihi ambang batas 1,5 derajat Celcius.

Peluang tersebut telah meningkat secara stabil sejak 2015, ketika mendekati nol. Untuk tahun-tahun antara 2017 hingga 2021, peluangnya adalah 10 persen.

Ilustrasi panas karena matahari

Photo :
  • Freepik

Emisi gas rumah kaca (GRK) yang disebabkan oleh manusia telah meningkatkan suhu rata-rata global lebih dari 1 derajat Celcius sejak akhir abad ke-19.

Pembaruan mencatat suhu global rata-rata tahun 2022 adalah sekitar 1,15 derajat Celcius di atas rata-rata 1850-1900, terlepas dari pengaruh pendinginan kondisi La Nina. Suhu sekarang meningkat sekitar 0,2 derajat Celcius per dekade.

Kita sekarang memiliki lebih dari satu abad data suhu rata-rata global. Artinya, seharusnya semakin sulit, bukan semakin mudah untuk mencapai rekor baru.

Jika tidak ada tren, peneliti berharap untuk melihat lebih sedikit catatan seiring berjalannya waktu dan data yang dikumpulkan akan lebih baik dalam menangkap berbagai variabilitas iklim alami.

Sebaliknya, karena kita memanaskan dunia dengan sangat cepat, lebih banyak rekor panas dibuat secara global dan di tingkat lokal.

Pengaruh manusia terhadap iklim mendorong suhu ke tingkat tertinggi yang belum pernah terjadi sebelumnya dengan frekuensi yang mengkhawatirkan.

Panas yang membentang dari Afrika Barat melintasi Timur Tengah dan masuk ke India sungguh luar biasa. Suhunya tembus 45 derajat Celcius (113 derajat Fahrenhiet) di banyak wilayah di seluruh daratan, menurut situs Science Alert, Jumat, 19 Mei 2023.

Tiga wilayah utama tersebut, yang merupakan tempat tinggal miliaran orang, diidentifikasi hampir tidak dapat dihuni di dunia dengan pemanasan global.

Rekor suhu rata-rata global saat ini berasal dari 2016. Sedangkan, peristiwa El Nino besar di awal tahun itu mendorong naiknya suhu rata-rata global.

 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya