SpaceX Pastikan Satria-1 Meluncur Sesuai Jadwal

Peluncuran Falcon 9 SpaceX.
Sumber :
  • Twitter/@IridiumComm

VIVA Tekno – Peluncuran Satelit Republik Indonesia (Satria-1) akan berlangsung pada Minggu, 18 Juni 2023 pukul 18:04 waktu setempat atau 19 Juni 2023 05:04 WIB. 

Pernah Diblokir Kominfo Karena Berpotensi Jadi Judi Online, HGI Hapus Fitur Kirim Koin

Plt Direktur Utama Badan Aksesibiiltas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kementerian Komunikasi dan Informatika, Arief Tri Hardiyanto menyatakan, perusahaan antariksa milik Elon Musk, SpaceX mengumumkan peluncuran masih sesuai jadwal. 

"Sampai saat ini masih on schedule atau belum ada indikasi untuk bergeser. Kita berharap dalam detik demi detik ke depan, semua hal, terutama cuaca, tetap kondusif agar peluncuran dapat dilakukan sesuai jadwal," ungkapnya di Jakarta, Minggu, 18 Juni 2023.

Elon Musk Mendadak Bertemu Pejabat Nomor 2 China di Beijing

Satria-1 akan diluncurkan ke orbit dengan roket Falcon 9 milik Space Exploration Technologies Corporation atau dikenal dengan SpaceX dari Cape Canaveral, Florida, Amerika Serikat (AS).

"Hari ini kita mohon doa dari seluruh masyarakat Indonesia agar Tuhan yang maha kuasa meridai perjuangan kita untuk menyejahterakan bangsa melalui jalan transformasi digital ini," ujar Arief.

Indonesia Vs Uzbekistan, Diskominfo Ajak Warga Jambi Nobar di Gubernuran

Satelit Satria-1.

Photo :
  • Thales Alinea Space

Deputi Koordinator Proyek PT Satelit Nusantara Tiga, Heru Dwikartono menjelaskan hingga saat ini persiapan peluncuran berjalan lancar dan sesuai rencana. Dan akan mulai -12 sequence sebelum peluncuran setelah berada di launch pad.

"Sampai hari ini semua tahapan pekerjaan berlangsung normal dan nominal. Per tadi malam, satelit dan roket sudah terintegrasi, meski masih dalam posisi horizontal. Malam ini akan keluar dari hangar dan proses koneksi mekanikal di launchpad," tuturnya.

Heru Dwikartono mengharapkan agar cuaca saat peluncuran akan dalam kondisi baik. Sehingga seluruh tahapan akan berjalan sesuai rencana dan sukses. 

"Prediksi SpaceX sampai tadi pagi masih dalam kondisi yang direncanakan dan bisa diluncurkan pada tanggal 18 Juni 2023 pukul 18:02 waktu Florida," jelasnya.

Kementerian Kominfo dan PT SNT telah menetapkan SpaceX sebagai mitra untuk menyediakan layanan peluncuran bagi Satria-1 di fasilitas mereka di Florida. 

Satria-1 dibangun oleh Thales Alenia Space (TAS) Prancis menggunakan platform SpaceBus NEO. Pengangkutan 'tol langit' yang menggunakan kapal kargo Nordic dari perancis menuju Cape Canaveral melalui jalur laut memakan waktu hingga 17 hari.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya