5 Olahraga Sederhana Ini Ampuh untuk Kecilkan Perut Buncit

Ilustrasi perut buncit - lemak perut.
Sumber :
  • Freepik: Anastasia Kazakova

Jakarta – Memiliki perut buncit tentu saja sangat mengganggu saat beraktivitas, membuat orang menjadi cepat lelah dan tidak leluasa bergerak.

11 Fakta Stadion Abdullah bin Khalifa, Tempat Semifinal Piala Asia U-23 2024 Indonesia vs Uzbekistan

Selain itu, masalah perut buncit ini juga kerap membuat beberapa orang merasa tidak percaya diri dengan penampilannya. Perut buncit sendiri diketahui terbentuk lantaran adanya kelebihan lemak di perut, kondisi ini jika dibiarkan dapat berisiko seseorang terkena penyakit jantung, diabetes dan masalah metabolik lainnya.

Arab Saudi Gandeng Bill Gates Berikan Vaksin Polio pada Jemaah Haji

Ilustrasi perut buncit

Photo :
  • Freepik

Biasanya perut buncit terjadi akibat pola makan tidak sehat, kurangnya aktivitas fisik, faktor genetik dan bisa juga akibat stres yang tinggi hingga memicu peningkatan hormon kortisol yang dapat sebabkan penumpukan lemak.

Gelombang Cuaca Luar Biasa Panas Melanda Asia Selatan dan Tenggara

Untuk mencegah perut buncit, selain diet atau menjaga pola makan, penting juga untuk melakukan olahraga yang tepat.

Berikut kami telah merangkum dari beberapa sumber pada Selasa, 20 Juni 2023 terkait olahraga yang disarankan ahli kesehatan untuk mengecilkan perut buncit.

Perut buncit

Photo :
  • U-Report

1. Plank

Plank adalah latihan yang melibatkan posisi tubuh tetap stabil, seperti posisi mirip dengan push-up. Olahraga Ini melibatkan kontraksi otot perut, punggung, dan panggul.

Untuk melakukannya, mulailah dengan berbaring menghadap ke bawah, letakkan tagan di lantai, lalu angkat tubuh Anda dengan menopang diri pada siku dan jari-jari kaki. Pertahankan posisi ini selama 30 detik hingga 1 menit, atau sesuai kemampuan.

Gerakan Olahraga Plank

Photo :
  • Freepik

2. Sit-Up

Sit-up adalah latihan klasik untuk mengencangkan otot perut, terutama otot rektus abdominis. Untuk melakukan gerakan ini, Anda dapat berbaringlah di lantai dengan lutut ditekuk dan kaki rapat.

Tempatkan tangan di belakang kepala atau melintang di dada, kemudian angkat tubuh Anda dari posisi terlentang ke posisi duduk. Ulangi gerakan ini dalam beberapa set sebanyak 10 hingga 15 gerakan per set.

3. Russian twist

Russian twist merupakan gerakan rotasi untuk menguatkan otot-otot perut yang dipercaya ampuh mengecilkan perut buncit.

Untuk melakukan gerakannya, Anda dapat duduk di lantai dengan lutut ditekuk dan tumit mendekati panggul. Kemudian, angkat kaki sedikit dari lantai dan rentangkan tangan di depan Anda. Putar tubuh Anda ke satu sisi, sentuhkan tangan di lantai, kemudian putar tubuh ke sisi lain dan sentuhkan tangan di lantai di samping pinggang. Ulangi gerakan ini dalam beberapa set dengan 10 hingga 15 sesuai kemampuan.

Gerakan olahraga russian twist

Photo :
  • Womens Health

4. Jogging atau lari

Jogging atau lari adalah aktivitas kardiovaskular yang efektif untuk membakar lemak secara keseluruhan, termasuk lemak di area perut.

Lakukan jogging dengan ritme yang sesuai dengan kemampuan Anda. Mulailah dengan berlari selama 10-15 menit, lalu tingkatkan durasi dan intensitas seiring waktu.

5. Burpee

Burpee adalah latihan yang melibatkan gerakan tubuh yang dinamis, termasuk squat, push-up, dan loncatan.

Mulailah dengan berdiri tegak, lalu lakukan squat dengan tangan menyentuh lantai. Luruskan kaki Anda ke belakang dalam posisi push-up, lakukan satu kali push-up, lalu loncat dengan kedua kaki mengepak. Ulangi gerakan ini dalam beberapa set dengan 8 hingga 10 sesuai kemampuan.

Penting untuk diingat bahwa durasi dan intensitas setiap olahraga dapat disesuaikan dengan tingkat kebugaran individu masing-masing.

Burpee

Photo :
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya