Transformasi Digital untuk Mematahkan Tantangan Jarak

Transformasi digital.
Sumber :
  • Unsplash

VIVA Tekno – Transformasi digital bergerak pesat sebagai efek samping pembatasan mobilisasi dalam kurun waktu pandemi Covid-19.

3 Faktor Cegah Operasi Intelijen Siber, Jangan Terbalik

Sistem pendidikan di Indonesia pun mengalami percepatan dengan penggunaan teknologi digital dalam proses kegiatan belajar-mengajar (KBM) untuk mematahkan tantangan jarak akses.

Peran teknologi dalam dunia pendidikan menjadi semakin penting. Proses pembelajaran difasilitasi dengan e-learning, video conference, dan beragam aplikasi interaktif.

Ternyata Vidi Aldiano Suka Berburu Free Ongkir dan Selalu Menang War Produk

Hal ini meningkatkan fleksibilitas, aksesibilitas, dan interaktivitas yang berdampak pada pengalaman belajar lebih baik dan efektif. Oleh karena itu, transformasi digital akan berdampak signifikan terhadap perkembangan komunitas dan kualitas pendidikan.

Trading Kripto untuk Pemula Cuan Hanya di Sini

Teknologi digital.

Photo :
  • dynamicCIO.com

"Transformasi digital mempengaruhi berbagai aspek pendidikan. Mulai dari kurikulum, metode pembelajaran, hingga pengelolaan administrasi," kata Ketua Umum Yayasan BPK Penabur Adri Lazuardi, dalam keterangan resminya, Minggu, 13 Agustus 2023.

BPK Penabur merupakan salah satu sekolah yang menyadari pentingnya transformasi demi menjamin kualitas lulusan yang mampu menjawab kebutuhan zaman. Untuk itu, penting memiliki strategi terencana dan berkelanjutan dalam menghadapinya.

Pembaharuan kurikulum dan mengadopsi teknologi secara bijak, menjadi langkah yang dipilih, seperti pengembangan platform Penabur Digital Learning (PDL) yang fokus pada produksi materi pembelajaran digital.

Ketua BPK Penabur Jakarta Kenny Lim mengungkapkan PDL dirancang untuk membantu siswa belajar dari mana dan kapan saja dengan materi berkualitas. "PDL jadi sarana peningkatan kemampuan mengajar guru pada masa transformasi digital," jelasnya.

Ia menambahkan, bagi guru yang terbiasa mengajar siswa di dalam kelas, memberikan materi melalui video merupakan sebuah tantangan, karenanya BPK Penabur memberikan pembekalan secara berkesinambungan.

"Kami mengarahkan siswa untuk memanfaatkan teknologi dengan bijak, seperti belajar melalui platform PDL. Kami juga memberikan pembelajaran Digital Quotient (DQ) World dan Digital License (DL), harapannya agar siswa aman dan nyaman dalam menggunakan teknologi," tegas Lim.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya