Puasa Dapat Membantu Mengurangi Risiko Alzheimer

Ilustrasi Alzheimer.
Sumber :
  • pixabay

VIVA Tekno – Alzheimer saat ini menyerang sekitar satu dari sembilan orang dewasa Amerika Serikat yang berusia di atas 65 tahun, dan gangguan ini diperkirakan akan menjadi lebih umum di masa depan.

Waspada Leptospirosis di Musim Hujan dan Banjir: Kenali Gejalanya Segera!

Meskipun belum ada obat yang diketahui untuk menyembuhkan penyakit Alzheimer, para ilmuwan berpikir mereka mungkin telah menemukan cara untuk mengatasi salah satu aspek penyakit tersebut.

Dalam sebuah studi baru, tim dari Universitas California, San Diego (UC San Diego) dan Universitas California, Los Angeles (UCLA) mampu mengkonfigurasi ulang irama sirkadian hewan pada model tikus Alzheimer, melalui sebuah program puasa intermiten.

Demam Lassa Melanda Nigeria, 128 Orang Tewas Akibat Urine Tikus

Gangguan irama sirkadian adalah salah satu cara penyakit Alzheimer mengganggu proses biologis tubuh. Orang dengan penyakit ini mengalami perubahan pada siklus tidur/bangunnya, sering mengalami peningkatan gangguan kognitif dan kebingungan di malam hari, serta mengalami kesulitan untuk tidur dan tetap tertidur .

Perawatan Alzheimer saat ini tidak menargetkan aspek penyakit, namun mungkin ada cara lain untuk mengurangi masalah ini, melansir dari situs Science Alert, Senin, 28 Agustus 2023.

Terminal Lucidity, Fenomena Seseorang Mendadak Sehat Sebelum Maut Menjemput

Ketika peneliti menempatkan tikus pada jadwal makan yang dibatasi waktu, hewan tersebut menunjukkan peningkatan nyata dalam fungsi memori. Sementara itu, protein amiloid – yang sudah lama dikaitkan dengan Alzheimer – cenderung tidak terakumulasi di otak tikus yang berpuasa.

Ilustrasi Alzheimer atau Demensia

Photo :
  • Eat This

Tikus yang diberi jadwal makan mememiliki pola tidur yang lebih teratur, kurang hiperaktif di malam hari, dan mengalami lebih sedikit gangguan tidur dibandingkan tikus yang diperbolehkan makan kapan saja.

“Selama bertahun-tahun, kami berasumsi bahwa gangguan sirkadian yang terlihat pada penderita Alzheimer adalah akibat dari degenerasi saraf. Namun kini kami mengetahui bahwa hal tersebut mungkin terjadi sebaliknya – gangguan sirkadian mungkin merupakan salah satu pendorong utama patologi Alzheimer,” kata ahli saraf Paula Desplats dari UC San Diego.

Menurutnya, hal ini menjadikan gangguan sirkadian sebagai target yang menjanjikan untuk pengobatan Alzheimer baru dan temuan studi memberikan bukti konsep tentang cara yang mudah dan dapat diakses untuk memperbaiki gangguan.

Tikus hanya diperbolehkan makan dalam jangka waktu enam jam setiap hari. Pada manusia, hal ini sama dengan berpuasa selama 14 jam dalam setiap siklus 24 jam – dan hal ini tampaknya membantu mengatur ulang ritme sirkadian alami yang telah terganggu oleh penyakit Alzheimer.

Perubahan juga terlihat hingga pada tingkat molekuler, dengan beberapa gen yang terkait dengan penyakit dan peradangan di otak menunjukkan perbedaan dalam cara gen tersebut diekspresikan pada tikus Alzheimer yang menjalani jadwal puasa.

Menerapkan pola puasa intermiten adalah sesuatu yang dapat dilakukan dengan relatif mudah dan cepat – seiring dengan berjalannya pengobatan, hal ini cukup mudah. Jika hasil yang sama ditemukan dalam uji coba pada manusia, ini adalah pilihan lain yang menjanjikan untuk dieksplorasi dalam memerangi bentuk demensia yang merusak.

“Apa pun yang dapat kami lakukan untuk membantu pasien memulihkan ritme sirkadian mereka akan membuat perbedaan besar dalam cara kami menangani Alzheimer di klinik dan bagaimana perawat membantu pasien menangani penyakit ini di rumah," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya