5 Cara Ampuh Keluarkan Angin dalam Perut untuk Cegah Kembung

Ilustrasi sakit perut.
Sumber :
  • Pexels/sora shimazaki

VIVA – Kentut atau buang angin adalah gas yang terbentuk dari proses pengolahan makanan di dalam saluran pencernaan. Umumnya, kentut dapat dikeluarkan secara alami melalui anus.

5 Manfaat Rebusan Air Daun Salam, Bisa Bantu Kurangi Kadar Gula Darah

Ketika gas di saluran cerna dalam jumlah yang sedikit, kamu mungkin tidak mengalami keluhan apa pun. Beda halnya ketika banyak gas menumpuk di dalam perut.

Dalam kondisi ini perut akan terasa penuh hingga menimbulkan rasa tidak nyaman. Kamu juga bisa mengalami sejumlah gejala seperti perut kembung hingga kram perut.

Jarang Disadari, Ini 5 Manfaat Luar Biasa Daun Sirih untuk Kesehatan Tubuh

Bila kondisi tersebut sedang kamu alami, ada beberapa cara mudah yang bisa dilakukan supaya bisa segera buang angin. Lantas, bagaimana caranya?

5 Manfaat Kentut Bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui, Menandakan Pencernaan Sehat

1. Batasi makanan dan minuman penyebab kembung

Cara pertama agar kondisi tidak semakin buruk adalah dengan membatasi asupan makanan dan minuman yang banyak mengandung gas. Misalnya makanan tinggi serat, makanan berlemak, produk olahan susu, dan kacang-kacangan.

Makanan-makanan tersebut tidak dapat diserap sempurna oleh lambung dan usus halus. Alhasil, ketika sampai di usus besar, makanan dipecahkan oleh sejumlah bakteri yang menghasilkan pelepasan gas. Contoh makanan yang dimaksud, yaitu kubis, kol, brokoli, jamur, bawang, kismis, apel, pir, keju, dan yoghurt.

2. Minum air hangat

Cara kedua agar bisa buang angin adalah minum air putih hangat. Saat perut kembung, minum air hangat mampu merangsang usus untuk bergerak dan mengeluarkan gas berlebih di dalam perut.

Selain itu, kamu juga bisa mengonsumsi teh herbal hangat, seperti teh jahe, teh chamomile, dan teh peppermint, yang dapat mengatasi perut kembung dengan membuat otot usus menjadi lebih rileks.

Ilustrasi buang air besar.

Photo :
  • vstory

3. Kompres perut dengan air hangat

Jika kamu sedang punya banyak waktu luang di rumah, tidak ada salahnya mencoba cara yang satu ini untuk mengatasi perut kembung. Cukup siapkan kain bersih, baskom, dan air hangat.

Rendam kain bersih dalam satu baskom air hangat, lalu peras kelebihan airnya. Tempelkan kompres hangat tersebut selama 10 – 15 menit di atas perut untuk meredakan rasa nyeri dan kram.

Suhu hangat membantu melebarkan pembuluh darah sehingga darah yang membawa oksigen bisa mengalir dengan lancar. Otot-otot perut juga menjadi lebih kendur dan rileks, sehingga bisa mengurangi sakit perut, kembung, serta mengeluarkan kelebihan gas.

4. Pijat perut perlahan

Untuk mengeluarkan gas yang terperangkap di dalam perut, Anda dapat memijat perut secara perlahan menggunakan minyak penghangat, seperti minyak eucalyptus atau minyak peppermint.

Pasalnya, memijat perut menggunakan minyak penghangat tersebut dapat membantu melemaskan otot perut sehingga turut membantu mengeluarkan gas berlebih dari dalam tubuh.

Ilustrasi toilet.

Photo :
  • Dok. Istimewa

5. Lakukan sejumlah gerakan

Saat perut terasa begah karena kembung, jangan hanya duduk diam dan membiarkan kondisi ini menjadi berlarut.  Lekas bangkit dari duduk, kemudian cobalah berjalan kaki sebentar kira-kira 10 – 15 menit saja.

Gerakan ringan membantu mengendurkan otot usus dan memperlancar pengeluaran gas. Kiat mengatasi perut kembung yang satu ini juga bisa melancarkan pembuangan feses. Dengan begitu, gas yang menyebabkan kembung akan ikut keluar saat buang air besar.

Buah pepaya.

7 Manfaat Luar Biasa Buah Pepaya untuk Kesehatan Tubuh, Bisa Jaga Kesehatan Kulit

Buah pepaya (Carica papaya) adalah buah tropis yang terkenal dengan rasa manisnya dan kandungan nutrisinya yang kaya, terutama bagi tubuh sehingga semakin sehat.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024