Ditemukan Patung Pria Pegang Penis, Usianya Bikin Melongo

Patung pria memegang penis.
Sumber :
  • Insider

Turki – Para arkeolog telah menemukan patung seorang pria berusia 11.000 tahun yang sedang memegangi penisnya, sebuah penemuan yang dapat memberikan petunjuk baru tentang budaya Neolitikum yang misterius.

Jasad Pria Ditemukan di Gunung Galunggung Tasikmalaya

Patung itu ditemukan di Karahan Tepe di wilayah Tas Tepeler di tenggara Turki. Situs berusia 11.000 tahun ini diyakini oleh beberapa orang sebagai kuil Neolitik tertua di dunia, mendahului piramida Mesir dan Stonehenge selama lebih dari 6.000 tahun.

Patung itu melambangkan seorang pria kerangka dengan kedua tangan diletakkan di dekat lingganya, duduk di atas bangku bersama babi hutan. 

Mengenal Dickmorphia, Istilah Bagi Kaum Pria yang Khawatir dengan Ukuran Penis Kecil

Patung pria memegang penis ditemukan

Photo :
  • Insider
2 Pria yang Buat Remaja Perempuan 16 Tahun Tewas di Hotel Jaksel Terancam 20 Tahun Bui

Kedua patung tersebut berasal dari situs Gobekli Tepe dan Karahan Tepe, yang merupakan salah satu situs candi tertua di dunia.

Patung babi hutan, yang diukir dari batu kapur, ditemukan di Gobekli Tepe dan dibuat antara tahun 8700 SM dan 8200 SM. Panjangnya 1,4 meter dengan tinggi 0,7 m, Institut Arkeologi Jerman mengatakan dalam sebuah pernyataan. Para arkeolog mendeteksi pigmen merah, hitam dan putih di permukaannya, yang menunjukkan bahwa patung itu pernah dilukis. 

Para arkeolog menemukan patung besar manat di situs Karahan Tepe, sekitar 35 kilometer dari Gobekli Tepe. 

Patung itu menggambarkan seorang pria setinggi 2,3 m, menurut terjemahan pernyataan dari kementerian kebudayaan dan pariwisata Turki. Tulang rusuk, tulang belakang, dan bahu patung tersebut sangat menonjol, dan orang tersebut mungkin digambarkan sudah mati, kata pernyataan itu. 

Penemuan ini, “mewakili temuan spektakuler terbaru dari situs-situs ini yang mengubah pemahaman kita tentang komunitas pra-pertanian,” jelas Benjamin Arbuckle, seorang profesor antropologi di Universitas North Carolina di Chapel Hill yang tidak terlibat dalam penggalian tersebut, seperti dilansir VIVA Tekno dari Live Science. 

Para peneliti juga menemukan patung kecil burung nasar di dekat Karahan Tepe. Meskipun para arkeolog tidak mengatakan berapa umur patung yang baru ditemukan di Karahan Tepe, situs tersebut berusia sekitar 11.000 tahun dan berisi patung dan bangunan lainnya.

Para arkeolog dulu berpikir bahwa komunitas pemburu-pengumpul di Asia barat daya sekitar 11.000 tahun yang lalu “relatif sederhana, berskala kecil, dan umumnya egaliter,” kata Arbuckle. Namun penemuan di Gobekli Tepe dan Karahan Tepe selama 30 tahun terakhir telah membantah gagasan tersebut, kata Arbuckle. 

Gobekli Tepe adalah situs megalitik luas yang dipenuhi pilar berbentuk T dan patung canggih yang menggambarkan binatang, simbol abstrak, dan tangan manusia. Situs itu kemungkinan besar digunakan dalam ritual penguburan, menurut Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan dan Kebudayaan PBB. 

Kehadiran kompleks yang begitu besar dan canggih menunjukkan bahwa komunitas pemburu dan pengumpul di wilayah tersebut tidak sesederhana yang diperkirakan, melainkan terorganisir sedemikian rupa sehingga memungkinkan mereka membangun karya arsitektur yang hebat. 

Tujuan dari patung yang ditemukan baru-baru ini belum jelas. 

"Penemuan Karahan Tepe menurut saya paling menarik,” kata Ted Banning, seorang profesor antropologi di Universitas Toronto.

"Penafsiran apa pun terhadap patung tersebut masih bersifat dugaan pada saat ini,” kata Banning namun memperkirakan kemungkinan besar orang yang ditampilkan telah meninggal. Ini mungkin mewakili "nenek moyang penting yang terkait dengan bangunan tempat ditemukannya."

Pose sosok tersebut mungkin memberikan petunjuk lebih lanjut tentang tujuannya. 

Patung pria memegang penis ditemukan

Photo :
  • Insider

Fakta bahwa sosok tersebut sedang memegangi penisnya juga konsisten dengan penafsiran ini karena berpotensi melambangkan bahwa orang tersebut adalah nenek moyang suatu kelompok sosial, seperti garis keturunan atau klan, yang terkait dengan bangunan tersebut, kata Banning. 

Banning berpendapat bahwa bangunan di Karahan Tepe dan Gobekli Tepe mungkin digunakan sebagai rumah, bukan sebagai kuil, "dalam hal ini sangat masuk akal jika masing-masing bangunan memiliki garis keturunan nenek moyangnya sendiri," kata Banning.

Tak heran jika patung babi hutan itu ada pigmennya, imbuhnya. “Saya pikir masuk akal bahwa sebagian besar atau bahkan sebagian besar patung di situs-situs ini awalnya dilukis”, kata Banning, seraya mencatat bahwa cat tidak dapat terawetkan dengan baik dalam catatan arkeologi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya