5 Negara Paling Produktif di Dunia, Adakah Negara Impianmu?

Luksemburg negara dengan produktivitas tertinggi.
Sumber :
  • Business Insider

Jakarta – Produktivitas negara merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi kesejahteraan negara. Terdapat negara-negara yang memiliki produktivitas tertinggi apabila diukur dari PDB per kapitanya.

Rasio Utang Pemerintah 2025 Ditargetkan Naik Jadi 40 Persen, Kemenkeu Buka Suara

Produktivitas merupakan salah satu kekuatan pendorong utama dalam ketahanan suatu negara. Terdapat beberapa faktor yang berkontribusi dalam keproduktivitasan suatu negara.

5 Negara yang Paling Jarang Utang di Dunia, Nomor 1 Tetangga Indonesia

PDB per Kapita berdasarkan World Bank

Photo :
  • Google Public Data/World Bank

Menurut OECD, negara-negara yang memiliki PDB memiliki pemanfaatan tenaga kerja yang tinggi dan tingkat output yang tinggi untuk setiap jam kerja.

Gaya Hidup Aktif Masyarakat Dorong Permintaan akan Perangkat yang Sesuai

Maka dari itu, PDB per kapita dapat digunakan untuk menentukan negara-negara paling produktif. Dilansir VIVA Tekno dari situs Insider Monkey, berikut negara-negara dengan PDB per kapita tertinggi:

1. Luksemburg

Luksemburg berada di peringkat pertama negara paling produktif di dunia dengan PDB per kapita US$ 126.426 atau setara Rp 1,98 miliar (kurs Rp 15.728). Luksemburg memiliki angka pengangguran yang rendah. Tingkat keterbukaan internasional yang tinggi menjadikan negara ini sebagai lokasi bisnis yang menarik.

2. Bermuda

PDB per kapita Bermuda pada tahun 2022 adalah US$ 118.846 atau setara Rp 1,86 miliar. Bisnis internasional dan pariwisata merupakan inti dari keproduktifan Bermuda.

3. Norwegia

Bendera Norwegia.

Photo :
  • Pixabay

Perekonomian Norwegia cukup maju dengan PDB per kapita yang tinggi, yaitu US$ 106.149 atau setara Rp 1,66 miliar pada tahun 2022. Angka pengangguran di negara ini rendah. Sumber daya alam seperti minyak, gas alam, dan mineral berkontribusi banyak dalam tingginya PDB per kapita di Norwegia.

Kepulauan Aran, Irlandia.

Photo :
  • Amusing Planet

PDB per kapita Irlandia pada tahun 2022 mencapai US$ 104.039 atau setara Rp 1,63 miliar. Perusahaan multinasional yang dimiliki oleh orang asing berperan penting dalam produktivitas negara ini. Tenaga kerja di Irlandia juga memiliki kemampuan yang tak perlu diragukan.

5. Swiss

Pegunungan di Jenewa, Swiss

Photo :
  • Pixabay

Swiss merupakan salah satu negara dengan PDB per kapita tertinggi, yaitu US$ 92.101 atau setara Rp 1,44 miliar per tahun 2022. Rata-rata penduduk Swiss cenderung relatif kaya. Sektor jasa dan pertanian memberikan kontribusi yang besar terhadap PDB negara tersebut, sehingga menjadikan negara ini sebagai negara yang produktif.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya