Kecil-kecil tapi Mematikan

Ubur-ubur Irukandji.
Sumber :
  • pixabay/Unsplash

VIVA Tekno – Dalam dunia hewan, ukuran tidak selalu menentukan tingkat bahaya atau mematikannya. Terkadang, hewan-hewan yang terlihat kecil dan lucu bisa menjadi sangat mematikan bagi manusia. 

Terkontaminasi Alga Berbahaya, Malaysia Minta Warganya Setop Konsumsi Kerang

Rupanya terdapat sejumlah hewan kecil yang ternyata mematikan. Meskipun ukurannya kecil, efek racun atau gigitan mereka dapat sangat serius dan bahkan fatal. Apa saja? Dilansir dari Nature World News, berikut ini deretan hewan kecil tapi mematikan. 

1. Kodok Beracun Emas

5 Jenis Ular Kobra dengan Racun Paling Mematikan di Dunia, Salah Satunya dari Jawa

Kodok Beracun Emas

Photo :
  • Instagram @the.wild.world.of.jorge.galvez

Dengan panjang lebih dari 1 inci, amfibi kecil ini mungkin terlihat tidak berbahaya, tetapi memiliki cukup racun untuk membunuh 10 pria dewasa. Ini termasuk salah satu dari lebih 100 spesies katak beracun dengan zat paling mematikan. Ketika batrachotoxin yang mereka hasilkan bersentuhan dengan manusia, itu akan mengganggu sinyal listrik dalam tubuh dan menyebabkan aritmia, kegagalan jantung, dan kematian.

Kemenhub Imbau Bus Tak Lagi Pasang Klakson Telolet, Pelanggar akan Kena Sanksi Denda Rp500 Ribu

2. Gurita Cincin Biru

Gurita Cincin Biru

Photo :
  • Instagram @michaelgriffithsphoto

Berukuran sekitar 5 cm, makhluk mematikan ini memiliki racun seribu kali lebih kuat dari sianida, menurut studi tentang gurita cincin biru (Hapalochlaena maculosa) yang dipublikasikan di jurnal ScienceDirect. Jika digigit melalui baju renang, itu dapat menyebabkan kelumpuhan otot dan henti napas, kehilangan indra, keterampilan motorik, dan penglihatan, dengan sedikit atau tanpa kemungkinan disembuhkan.

Kalajengking Merah India

Photo :
  • Instagram @rakesh__pipare

Sengatan kalajengking merah India begitu fatal sehingga dapat menyebabkan kematian jika tidak segera diobati. Mereka juga bersembunyi di tempat yang sama dengan manusia. Racun mereka sendiri dapat menyebabkan kelainan kardiovaskular dan kelumpuhan pernapasan.

Brazilian Walking Spider

Photo :
  • Instagram @kellyannemmm

Laba-laba "pembunuh", juga disebut laba-laba bersenjata, menyuntikkan racun saraf yang dapat mematikan bagi manusia, terutama anak-anak, menurut LiveScience. Gigitannya dapat menyebabkan vertigo, hipotermia, tekanan darah yang tidak stabil, kejang, keringat, syok, dan ereksi yang lama dan menyakitkan pada pria. 

5. Ubur-ubur Irukandji

Ubur-ubur Irukandji

Photo :
  • pixabay/Unsplash

Dengan ukuran kuku jari kelingking, kamu mungkin tidak akan melihat serangan ubur-ubur Irukandji datang. Racun mereka telah merenggut beberapa nyawa di Australia, dan sengatan mereka dapat menyebabkan kejang otot, hipertensi parah, serta kegagalan jantung. Secara umum, ketika ditangkap dengan cepat, ubur-ubur transparan ini tidak akan membunuh tetapi akan membuat kamu merasakan rasa sakit yang sangat parah.

Ulat Lonomia

Photo :
  • wikipedia commons

Ulat Lonomia dapat menyebabkan pendarahan dan pembekuan darah di pembuluh darah ketika disentuh. Mereka sering ditemukan dalam kelompok dan menyatu dengan lingkungan sekitarnya, membuatnya sulit terlihat. Namun, ada serum yang dapat mengurangi jumlah kematian yang disebabkan oleh mereka.

Kalajengking Deathstalker

Photo :
  • Instagram @sabina93x

Dengan panjang hanya empat inci, kalajengking deathstalker memiliki salah satu racun paling beracun dan menjadi salah satu organisme paling mematikan di lingkungannya. Racun mereka dapat menyebabkan masalah jantung dan edema paru-paru pada anak-anak dan orang dewasa tua, menyebabkan rasa sakit hebat dan kematian.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya