Sadis, Terungkap Bagaimana Detik-detik Ular Membunuh Mangsanya

Detik detik Ular Membunuh Mangsanya
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta – Belum lama ini dipublikasikan rekaman video detik-detik saat ular menyerang mangsanya menunjukkan bahwa reptil ini adalah penyerang sekaligus pemukul dengan menggunakan sesuatu yang ada di antara giginya.

Berapa Usia Seseorang Dianggap Tua?

Dilansir dari Live Science, Jumat, 19 Januari 2024, Ular menyerang secepat kilat dari atas, menusuk mangsanya dengan gigi seperti jarum di bagian depan rahang bawah sebelum membungkus kepala mereka untuk menyuntikkan bisa dengan taringnya, atau untuk menekan hewan tersebut hingga mati. Ular-ular ini termasuk banyak boa, seperti ular boa (boa constrictor), dan ular piton.

Detik detik Ular Membunuh Mangsanya

Photo :
  • Istimewa
Mengenal Dickmorphia, Istilah Bagi Kaum Pria yang Khawatir dengan Ukuran Penis Kecil

Ular kobra, ular pinus (Pituophis melanoleucus), dan beberapa boa darat adalah lungers, menurut Bill Ryerson, seorang dosen senior di bidang anatomi di Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Cornell.

Lungers "menyerang lebih lambat dan tidak membuka mulutnya selebar mungkin," kata Ryerson, yang mempresentasikan penelitian baru pada pertemuan tahunan Society for Integrative and Comparative Biology awal bulan ini, kepada Live Science melalui surel. 

Geger Penemuan Fosil Ular Lebihi Ukuran T-rex, Begini Bentuknya

Para ahli herpetologi telah lama memusatkan perhatian mereka pada taring ular, yang merupakan gigi yang dimodifikasi untuk menyuntikkan bisa, tetapi mereka sebagian besar mengabaikan gigi lainnya. "Kami hanya berasumsi bahwa mereka semua sama dan tidak akan memberi tahu kami banyak hal tentang evolusi ular," kata Ryerson.

Namun penelitian Ryerson menunjukkan sebaliknya. Meskipun gigi ular yang lain mungkin tidak menarik perhatian kita seperti halnya taringnya, gigi tersebut tetap penting dalam bagaimana ular berevolusi untuk menyerang dan membunuh, katanya.

Kemudian, Ryerson menggunakan sinar-X untuk memindai rahang dan gigi hampir 70 ular dari 13 spesies, demikian Science melaporkan. Dengan menggunakan video berkecepatan tinggi, ia juga merekam ular yang menyerang hewan pengerat mati yang ia goyangkan di depannya untuk menganalisis perilaku menyerang ular.

Pengamatannya dengan rapi dipilah menjadi dua kategori, kata Ryerson. Para striker menunjukkan lebih banyak variasi dalam ukuran dan bentuk gigi mereka, yang menjadi lebih pendek, lebih lebar dan lebih melengkung ke arah tenggorokan. Sebaliknya, para pemukul memiliki gigi yang lebar dan melengkung di sepanjang rahang atas dan bawah.

Detik detik Ular Membunuh Mangsanya

Photo :
  • Istimewa

Fakta bahwa ular memiliki gigi yang berbeda tidaklah terlalu mengejutkan, karena "tidak mungkin semua gigi akan sama pada semua spesies," kata Ryerson. "Namun, saya terkejut dengan seberapa baik bentuk gigi sesuai dengan perilaku menyerang."

Banyak sekali faktor yang memengaruhi anatomi dan perilaku ular, sehingga Ryerson mengharapkan gambaran yang lebih jelas, katanya. "Ini benar-benar membuat saya bersemangat untuk mencoba dan mengambil sampel lebih luas untuk melihat seberapa baik pola ini akan bertahan," tambahnya.

Spesies ular yang lebih khusus, seperti ular yang hidup di pohon atau di bawah tanah, mungkin tidak masuk ke dalam kedua kategori tersebut, kata Ryerson.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya