Jangan Sekali-kali Lakukan 4 Hal ini di Facebook

Media sosial Facebook.
Sumber :
  • REUTERS/Dado Ruvic

VIVA – Salah satu kunci utama untuk menjaga keamanan di dunia maya adalah dengan melindungi akun Anda sendiri. 

Taliban Plans to Block Facebook Access in Afghanistan

Pengguna atau pemilik akun harus bisa melindungi diri mereka sendiri secara proaktif dengan memahami panduan serta alat yang tersedia di media sosial untuk melindungi akun mereka.

Untuk platform Facebook, ada beberapa tips untuk melindungi privasi mereka. Berikut beberapa tipsnya dikutip dari rilis Facebook, Selasa 22 Mei 2018: 

Taliban Akan Blokir Akses Facebook di Afghanistan

1. Lindungi kata sandi

Imbauan ini sudah lazim diterima pengguna di berbagai platform. Namun kadang ada pengguna yang masih mengabaikan hal ini. 

Puluhan Pelaku Kejahatan Diciduk Polres Depok, 2 di Antaranya Tega Bacok Korban

Jangan gunakan password Facebook Anda untuk akun personal lainnya seperti email atau akun media sosial lainnya.

Password Anda setidaknya harus terdiri dari 6 karakter dan sulit untuk ditebak. Hindari penggunaan nama Anda atau kata yang umum. Anda dapat menggunakan kombinasi angka, huruf, dan tanda baca untuk membuat password Anda menjadi lebih sulit ditebak. 

2. Jangan pernah bagi informasi login Anda

Pelaku kejahatan di internet mungkin membuat website palsu yang mirip Facebook dan meminta Anda untuk login menggunakan email dan password Anda. Selalu cek URL situs tersebut sebelum Anda memasukan informasi login Anda. Jika ragu, ketik www.facebook.com di browser Anda untuk membuka Facebook.

3. Jangan lupa Log out dari Facebook jika pakai komputer di tempat umum

Ini kadang terjadi, saat pengguna terburu-buru. Jika Anda lupa, Anda dapat melakukannya dari jarak jauh dengan membuka Pengaturan Keamanan dan klik pilihan 'Di mana Anda Masuk'. Setelah itu, Anda dapat memilih 'Keluar' pada aktivitas login yang mencurigakan dari perangkat yang tidak Anda kenal. 

4. Jangan terima permintaan pertemanan dari orang yang Anda tidak kenal

Pelaku kejahatan di internet biasanya membuat akun palsu untuk bisa berteman dengan sasaran mereka di Facebook. Ketika Anda menerima permintaan pertemanan mereka, maka mereka berkesempatan untuk memposting spam ke lini masa Anda, menandai Anda dalam sebuah postingan, atau mengirimkan pesan yang berbahaya.

5. Berhati-hatilah dengan software yang berbahaya 

Pelajari tanda-tanda dari komputer atau perangkat yang sudah terinfeksi virus dan bagaimana cara menghapus software yang berbahaya. Selalu perbarui browser Anda secara berkala dan hapus aplikasi yang mencurigakan. 

6. Jangan pernah klik URL mencurigakan 

Kadang teman Anda mengirimkan URL yang mencurigakan. Meski datang dari karib, abaikan jika URL itu meragukan.

Hal ini termasuk link di Facebook (contohnya dari postingan) atau dari email. Perlu diketahui Facebook tidak pernah meminta password Anda melalui email. Jika Anda melihat URL yang mencurigakan di Facebook segera laporkan kepada kami.

7. Gunakan fitur keamanan tambahan

Sebagai contoh, Anda bisa mendapatkan pemberitahuan terkait login tidak dikenal dan memilih teman untuk dapat menjadi kontak terpercaya Anda. Jika Anda login ke Facebook dari sebuah komputer, Anda dapat melakukan pemeriksaan keamanan untuk memeriksa pengaturan keamanan Anda. (sar)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya