5 Fakta Jaringan Internet saat Opening Ceremony Asian Games 2018

Pertunjukkan Pembukaan Asian Games 2018.
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Jaringan internet selama penyelenggaraan Asian Games 2018, ternyata telah dijamin kelancarannya oleh operator telekomunikasi terbesar di Indonesia, Telkomsel.

Apple Deletes WhatsApp from App Store in China

Anak perusahaan Telkom ini mengklaim telah memberikan infrastruktur yang mumpuni untuk mencukupi kebutuhan komunikasi dan data selama acara tersebut, termasuk saat pembukaan Asian Games di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) pada Sabtu, 18 Agustus lalu.

"Selama opening ceremony Asian Games berlangsung Telkomsel mencatatkan kenaikan data payload yang signifikan sebesar 8 kali lipat dibandingkan dengan hari-hari biasa di Gelora Bung Karno dan area sekitarnya. Sedangkan di dalam stadion utama tempat acara berlangsung terjadi kenaikan sebesar 95 kali lipat," kata Executive Vice President Area Jabotabek Jabar Telkomsel, Ririn Widaryani dalam keterangannya, Selasa, 21 Agustus 2018.

Apple Hapus Aplikasi WhatsApp dari App Store

Selain itu, setidaknya ada lima fakta yang harus diketahui terkait dengan jaringan internet yang diakses saat upacara pembukaan olahraga akbar empat tahunan di Asia tersebut.

1. Kecepatan Rata-rata 4Mbps

WhatsApp Punya Fitur Menemukan Pesan dengan Cepat

Telkomsel memastikan jika kecepatan data rata-rata yang diakses di GBK saat acara berlangsung sekitar 4Mbps. Pelanggan dapat dengan lancar mengunggah momen-momen seru selama opening ceremony Asian Games di media sosial ataupun melakukan chatting dan browsing.

2. Facebook Paling Banyak Diakses

Kontribusi tertinggi penggunaan layanan data selama opening ceremony Asian Games berasal dari aktivitas media sosial yang mencapai kenaikan hingga 400 persen dibanding hari-hari biasa.

Aktivitas media sosial ini di dominasi oleh penggunaan aplikasi Facebook 31 persen, YouTube 29 persen, WhatsApp 21 persen, sisanya adalah Instagram dan media sosial lainnya.

3. Telepon Ikut Mengalami Kenaikan

Sementara itu untuk layanan voice atau telepon juga mengalami kenaikan sebesar 3,4 kali lipat. Ini artinya, layanan suara atau telepon masih banyak digunakan oleh para pengunjung GBK, khususnya penonton upacara pembukaan yang berlangsung Sabtu pekan kemarin.

4. 50 Ribu Pengunjung GBK

Telkomsel mencatat ada 50 ribu pengunjung di GBK saat opening ceremony Asian Games berlangsung. Akses layanan data diklaim lancar berkat teknologi baru yang diterapkan seperti Lampsite dan TDD Massive MIMO.

5. Teknologi 4,5G dan 5G

Saat opening ceremony berlangsung, Telkomsel menyelimuti GBK dengan teknologi internet 4,5G LTE, baik di luar maupun di dalam stadion utama. Akses dikatakan tetap lancar meskipun banyak orang yang memakai jaringan di waktu yang bersamaan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya