Kalau Masih Punya iPhone, Samsung dan Huawei Seri Ini Ganti Secepatnya, Nanti Menyesal

Apple iPhone 5c.
Sumber :
  • Macrumors.com

VIVA Tekno – Kalau Anda masih memiliki iPhone, Samsung, dan Huawei seri ini ganti secepatnya daripada nanti menyesal. Sebab, pada ketiga HP tersebut tidak ada lagi layanan WhatsApp pada tahun ini. Lah, kok bisa?

Huawei Optimis Bisa Saingi Android dan iOS, Dorong HarmonyOS ke Pasar Global

Aplikasi pesan instan milik Meta itu resmi hilang dari smartphone atau ponsel pintar yang masih menggunakan sistem operasi (OS) kategori lawas, baik Android maupun iOS.

Menurut penjelasan di laman Pusat Bantuan (Help Center), WhatsApp mengaku punya batasan dukungan terhadap OS di HP. Ponsel yang menggunakan OS terlalu lawas akan ditinggalkan oleh platform tersebut.

South Korea Bans Its Soldiers to Use iPhone

Bagi Anda yang memiliki jenis ponsel ini sebaiknya membeli ponsel baru. WhatsApp menyebut saat ini hanya memberikan dukungan atau update untuk perangkat Android yang menggunakan OS versi 5.0 ke atas, serta perangkat iPhone dengan iOS 12 ke yang lebih baru.

Dengan demikian, perangkat-perangkat yang memiliki OS di bawahnya dipastikan tidak akan mendapat pembaruan keamanan terbaru dari WhatsApp.

Galaxy AI Hadir dalam Bahasa Indonesia, Cukup 3 Langkah

Alasan anak usaha Meta menghentikan dukungan karena WhatsApp telah memperbarui OS berkali-kali, sehingga banyak fitur baru yang diluncurkan membutuhkan teknologi baru untuk menjalankannya.

Selain itu, keamanan pada jenis ponsel ini tidak seketat ponsel baru. Dengan begitu, aplikasi-aplikasi lama tersebut akan membebani sumber daya WhatsApp.

Tidak hanya iPhone, Samsung, dan Huawei yang kena imbasnya, merek HP lain pun sama. Berikut daftar ponsel yang ditolak WhatsApp pada 2024, seperti dikutip dari India Today:

iPhone 3G
iPhone 3GS
iPhone 4
iPhone 4S
iPhone 5
iPhone 5c
Samsung Galaxy S2
Samsung Galaxy Nexus
Samsung Galaxy Tab 10.1
Samsung Galaxy S
Huawei Ascend D
Huawei Ascend D1

Grand S Flex ZTE
Grand X Quad V987 ZTE
HTC Desire 500
HTC One
HTC Sensation
HTC Desire HD

LG Optimus G Pro
LG Optimus 2X
Motorola Droid Razr
Motorola Xoom
Sony Xperia Z
Sony Xperia S2
Sony Ericsson Xperia Arc3

Asus Eee Pad Transformer
Acer Iconia Tab A5003
Archos 53 Platinum
Nexus 7

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya