Kemampuan Fitur NFC Ditingkatkan, Tak Hanya Cek dan Isi Saldo E-Money

Teknologi NFC (near field Communication).
Sumber :
  • Unsplash

VIVA Tekno – Seiring dengan perkembangan teknologi yang masif saat ini, gaya hidup berbasis digital yang lekat dengan efektivitas dan efisien kini semakin akrab dan tidak lagi dapat dihindarkan khususnya di kalangan anak muda, baik untuk kebutuhan komunikasi, konektivitas, bahkan hingga transaksi sehari-hari.

Verrell Bramasta Berharap Prabowo-Gibran Lebih Fokus Pada Kemajuan Anak Muda

Untuk menjawab kebutuhan dan memberikan kemudahan bagi para anak muda di era digital, Realme C67 menghadirkan fitur NFC atau Near Field Communication yang kini hadir dengan fungsi yang telah ditingkatkan.

NFC adalah teknologi nirkabel yang memungkinkan dua perangkat berkomunikasi satu sama lain. NFC digunakan dalam banyak aplikasi yang berbeda, termasuk kontrol akses, pembayaran nirkabel, dan pertukaran data.

Berburu Cuan Lewat Gajian

Dengan menggunakan NFC, pengguna dapat melakukan koneksi dan transaksi dengan lebih cepat dan efisien.

Kendati saat ini tidak sulit menemukan perangkat smartphone yang telah mendukung fitur tersebut, namun NFC pada smartphone umumnya masih terbatas pada fungsi mengecek dan mengisi saldo uang elektronik (e-money).

PYCH Binaan BIN Buat Kegiatan Rutin di Papua: Pengembangan Wisata hingga Usaha

Di sisi lain sisi, Realme memaksimalkan fungsinya pada Realme C67 untuk menjawab kebutuhan para anak muda.

"Semakin pesatnya perkembangan teknologi saat ini turut merubah kebiasaan-kebiasaan yang kita lakukan sehari-hari. Fitur NFC pada Realme C67 akan memberikan kepraktisan dalam mendukung gaya hidup anak muda," kata Direktur Pemasaran Realme Indonesia Ellen Zhou di Jakarta, Kamis, 18 Januari 2024.

Fitur NFC.

Photo :
  • Dok. Realme

Duplikasi kartu akses

Berkembangnya teknologi saat ini turut berdampak pada transformasi di berbagai aspek yang sebelumnya dilakukan secara konvensional.

Seperti contoh, jika sebelumnya akses seperti pada perumahan, apartemen, hingga perkantoran dilakukan secara manual, kini membutuhkan kartu akses semakin mudah ditemukan di lingkungan sekitar.

Untuk menjawab kebutuhan tersebut, fitur NFC pada Realme C67 memungkinkan smartphone ini menduplikasi kartu akses yang dimiliki, sehingga kini anak muda tidak harus kesulitan membawa banyak kartu akses baik untuk mengakses gedung kantor atau apartemen bahkan rumah.

Hal ini akan sangat merepotkan jika kartu akses tersebut hilang atau rusak, dan butuh waktu untuk bisa mendapatkannya kembali.

Fungsi duplikasi kartu akses melalui NFC merupakan jawaban yang paling praktis, karena sejumlah kartu dapat disimpan secara digital dalam sebuah smartphone.

Fitur ini memanfaatkan gelombang radio frekuensi tinggi, yang mana gelombang radio ini mengirimkan data antara kredensial pada kartu dan alat pembaca, sehingga memungkinkan pengguna mendapatkan akses secara nirkabel.

Untuk dapat menggunakan fitur ini, pengguna cukup menduplikasi kartu akses ke dalam smartphone dan mendekatkannya ke alat deteksi pada pintu maupun gerbang untuk membuka akses. Melalui fitur NFC pada Realme C67 para pengguna akan mendapatkan kenyamanan dan kemudahan di era digitalisasi.

Cek saldo dan top-up e-money

Tidak dapat dimungkiri semenjak kehadiran kartu uang elektronik, pembayaran dengan nominal tertentu dapat dilakukan semudah melakukan tap kartu saja. Anak muda tidak perlu lagi membawa dompet yang tebal untuk membawa uang tunai.

Tapi terkadang aktivitas top-up saldo kartu uang elektronik ini menjadi momok jika ternyata saldo tidak cukup saat akan melakukan transaksi.

Kehadiran fitur NFC pada Realme C67 tetap dapat digunakan untuk mengisi saldo uang elektronik sehingga kini anak muda tidak lagi perlu ke minimarket maupun ATM saat ingin melakukan top-up.

Menyambungkan perangkat dengan cepat

Realme C67.

Photo :
  • VIVA/Lazuardhi Utama

Perkembangan teknologi memberikan kemungkinan pertukaran data atau pairing dengan perangkat lain dilakukan secara nirkabel, salah satunya lewat teknologi Bluetooth.

Namun, dalam praktiknya, melakukan proses pairing tidak serta-merta mudah. Pengguna perlu melakukan beberapa langkah, seperti mencari sinyal Bluetooth perangkat yang ingin dihubungkan, memasukkan password, dan tidak jarang dibutuhkan input kode sebelum kedua perangkat dapat terkoneksi.

Akan tetapi, jika perangkat yang ingin dihubungkan seperti headphone, speaker, atau AIoT dilengkapi dengan chip NFC, pengguna bisa menyentuhkan smartphone ber-NFC seperti Realme C67 di tempat yang sesuai, dan pairing akan dilakukan secara otomatis.

Sebagai catatan, fungsi NFC di sini hanya untuk mempercepat proses pemasangan Bluetooth. Setelah proses pairing selesai, smartphone akan berkomunikasi dengan perangkat yang terhubung melalui Bluetooth.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya