Tips Menkominfo Supaya Startup Bisa Jadi Unicorn

Ilustrasi unicorn.
Sumber :
  • www.techcrunch.com

VIVA – Menteri Komunikasi dan Informasi Rudiantara menargetkan tambahan satu startup masuk dalam kategori unicorn pada 2019. Dalam upaya mendorong startup lokal naik kelas menjadi unicorn, dia membocorkan kepada para pendiri startup untuk menyoroti dua sektor potensi bisnis.

Kunjungi Station F di Paris, Anindya Bakrie Ungkap Rencana Bangun Kampus Startup di IKN

Rudiantara menjelaskan, syarat utama startup untuk cepat tumbuh harus cermat memenuhi kebutuhan konsumen. “Unicorn terakhir ada empat, tapi target tahun ini jadi lima. Saya enggak bisa menentukan karena transaksi bisnis,” ujarnya di Bandung Jawa Barat, Jumat 22 Februari 2019.

Dua di antaranya yang dimaksud yaitu bidang pendidikan dan kesehatan. Menurut Rudiantara, dua bidang ini merupakan lahan menggiurkan untuk startup.

Startup Kripto Ini sedang Bahagia

Clue-nya pendidikan bisa karena kita belanja 20 persen dari APBN, tahun ini kita belanja hampir Rp500 triliun. Kalau kecipratan 2 persen saja kan sudah Rp10 triliun. Kemudian kesehatan, karena 5 persen APBN kita buat kesehatan. Jadi  kalau 5 persen ya Rp100 triliun masa sih enggak kecipratan,” katanya.

Rudiantara meminta startup untuk cermat melihat kebiasaan konsumen yang lebih aktif bermedia sosial.

Startup Lokal Ini Ingin Menyuburkan Benih Revolusi

“Sekarang orang-orang kita nih kadang-kadang menunda beli, mungkin tadi Tiket .com itu bagian dari lazer mungkin saya seneng saja optimis,” katanya. 

Startup.

Angin Segar untuk Startup Pemula

Starventure memberi dukungan bagi para pelaku bisnis yang baru saja mulai atau startup pemula dengan penyediaan sumber daya dan keahlian.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024