5 Fakta Orca, Paus Pembunuh yang Sedang Viral

Orcas berburu paus besar.
Sumber :
  • U-Report

Jakarta – Belum lama ini orca menjadi perhatian publik, karena beredar kabar spesies paus itu menyerang kapal dan di kejar hingga pelabuhan di selat Gibraltar.

Viral Paus Pembunuh Berusia Muda Mati di Taman Hiburan

Orca merupakan mamalia yang paling banyak tersebar di dunia sekaligus dapat ditemukan di setiap permukaan laut Bumi. Orca juga banyak dikenal masyarakat sebagai paus pembunuh. Padahal, hewan ini tidak termasuk golongan jeda.

Iceberg, paus orca putih yang ditemukan di perairan timur Rusia

Photo :
  • BBC - E Lazareva/Ferop
The Oldest Orca Held 53 Years in Captivity Dies Ahead of Release

Lalu, mengapa orca disebut sebagai paus pembunuh dan bagaimana fakta penting mengenai mamalia ini? Simak deretan fakta tentang orca yang VIVA lansir dari berbagai sumber:

1. Ukuran Orca

Sedih! 50 Tahun di Penangkaran, Paus Orca Ini Mati Sesaat Akan Dilepas ke Habitat Alamnya

Dilansir dari Live Science, Jumat, 16 Juni 2023, orca (Orcinus Orca) merupakan salah satu mamalia terbesar di dunia. Ukuran orca jantan bervariasi antara panjang 6-10 meter dengan berat 6 ton. Sementara betina dapat tumbuh hingga sepanjang 8,5 meter. Orca terbesar yang pernah tercatat dalam sejarah memiliki panjang 9,8 meter dan berat 11 ton.

2. Makanan Orca

Orca merupakan predator puncak di rantai makanan laut.  Hewan ini memakan berbagai jenis mangsa, termasuk ikan, anjing laut, burung laut, cumi-cumi, paus, serta hiu putih besar. Orca bahkan mampu memakan hewan yang berukuran lebih besar darinya.

3. Orca Tidak Memakan Manusia

Meski karnivora, tidak ada catatan orca pernah membunuh manusia di alam liar. Mamalia ini pernah melukai manusia maupun menyerang dan membunuh orang ketika dalam penangkaran.

Hal ini karena manusia bukan makanan alami mereka. Orca memang bisa menyerang karena mengira manusia sebagai makanan mereka, seperti anjing laut. Namun, mereka umumnya akan melepaskan manusia setelah sadar itu bukan makanan.

4. Keluarga Orca

Penyelamatan ikan paus pembunuh.

Photo :
  • U-Report

Orca termasuk hewan yang sangat sosial dan hidup dalam satu kelompok bernama pod dengan isi hingga 50 anggota. Satu pod akan berisikan ibu dan anak-anaknya.

Orca jantan akan tinggal bersama induknya seumur hidup, sementara orca betina akan hidup terpisah setelah memiliki anak Paus pembunuh betina akan melahirkan satu anak setiap 3-10 tahun setelah hamil selama 17 bulan.

Orca betina dapat hidup selama 50-100 tahun. Sementara jantan hidup selama 29-60 tahun. Setiap pod dapat memiliki cara bicara yang berbeda. Namun, orca tetap bisa berkomunikasi dengan kelompok lain.

5. Alasan disebut Paus Pembunuh

Para pelaut kuno menyebut orca sebagai "paus pembunuh" karena melihat mamalia ini sanggup memangsa spesies paus yang lebih besar. Mereka menyebut orca sebagai ballena asesina atau "pembunuh paus". Namun, istilah ini akhirnya berubah menjadi "paus pembunuh" karena lebih mudah diucapkan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya