Penerima Penghargaan Achmad Bakrie, Carina Joe Ungkap Jadi Ilmuwan Itu Banyak Gagalnya

Carina Joe, Penerima Penghargaan Achmad Bakrie XIX.
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta – Penghargaan Achmad Bakrie XIX tahun 2023 digelar pada Kamis, 31 Agustus 2023 di Ciputra Theatre kawasan Kuningan, Jakarta.

Penyair Joko Pinurbo Meninggal Dunia

Penghargaan Achmad Bakrie yang digelar kali ini memberikan penghargaan kepada empat orang dalam bidangnya masing- masing.  Salah satu penerima Penghargaan Achmad Bakrie pada Bidang Sains adalah Carina Joe. Di dalam pidato penerima penghargaan Achamd Bakrie XIX, dirinya khusus datang ke Indonesia untuk menerima penghargaan ini.

Carina Joe, Penerima Penghargaan Achmad Bakrie XIX

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa
Penyakit Menular Arbovirosis Jadi Ancaman Baru, Menkes Budi: Lakukan 5 Hal Ini untuk Menanganinya

“Rasa syukur saya bisa datang ke Indonesia, khusus saya ke Indonesia untuk menerima penghargaan ini.” Ungkapnya.

Kemudian ia bercerita sedikit mengenai bagaimana dirinya menjadi ilmuwan atau peneliti di Jenner Institute, Oxford University yang menciptakan Vaksi AztraZeneca. Joe mengungkapkan bahwa banyak yang menanyakan pada dirinya mengenai bagaimana lab di Oxford itu, Ia ungkap bahwa Lab di sana kecil dan sederhana:

WHO: Imunisasi Global Menyelamatkan 154 Juta Jiwa Selama 50 Tahun Terakhir

“Padahal labnya tidak canggih, bisa saya bilang seperti butut sih. Tapi dari Lab kecil, dari alat-alat yang sederhana, kita bisa membuat vaksin yang di distribusikan ke 184 negara, dan sekarang sudah dipakai 4 Miliar dosis di seluruh negara.” Tuturnya.

Joe menekankan bahwa hal tersebut tidak pernah dimimpikan sebelumnya, karena hal besar itu dimulai dari hal yang sederhana dan diperlukan tahu akan tujuannya:

“Kita tidak pernah mimpi, kita melakukan hal besar itu. Tetapi menurut saya, hal-hal yang besar bisa dimulai dari hal yang sederhana, Yang kita perlukan adalah kita mau melakukannya, kita tau melakukannya dan kita tau tujuannya.” Sambungnya.

Ia juga memberikan pesan kepada pemuda, jika mau menjadi seorang ilmuwan harus melakukan inovasi dan tentu hal tersebut akan menemukan kegagalan atau hal sebagainya yang membuat merasa diri berada di titik terendah.

“Untuk adik-adik yang mau jadi Ilmuwan, saya hanya mau berpesan, untuk menjadi ilmuwan itu tidak mudah, banyak kegagalannya. Kalau kamu sukses terus berarti riset kamu bukan ground breaking atau inovasi yang baru.” Ungkapnya.

Carina Joe, Penerima Penghargaan Achmad Bakrie XIX

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Di akhir pidatonya Ia memberikan motivasi, jika ingin membuat Inovasi baru harus keluar dari zona nyaman.

“Untuk membuat inovasi yang baru, kalian harus keluar dari zona nyaman, karena itu banyak kegagalannya. Nah, tapi jangan khawatir ya, yang sangat dibutuhkan adalah ketekunan, kejujuran, dan kalo kamu berada di titik terendah pada saat kamu gagal, kamu haru ingat, kenapa kamu dulu memilih untuk menjadi ilmuwan, intinya kita mau membantu banyak orang atau menolong orang lain..” Pungkasnya.

Untuk melihat kemeriahan lebih lengkapnya Penghargaaan Achmad Bakrie XIX tahun 2023, kamu dapat saksikan tayangannya di tvOne pada Sabtu, 2 September 2023.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya