Tips Merawat Sneakers di Rumah Supaya Enggak Gampang Rusak

Ilustrasi sneakers.
Sumber :
  • Pexels/Unsplash

VIVA – Salah satu sepatu yang kini kembali menjadi tren di kalangan anak muda hingga orangtua di Indonesia adalah sneakers. Itu karena sneakers nyaman digunakan dalam keseharian.

PM Inggris Rishi Sunak Dihujat Gegara Pakai Sepatu Adidas Samba, Ada Apa?

Sama seperti baju, tas, sepatu dan sandal, sneakers pun memerlukan perawatan tetap nyaman dan awet. Lantas bagaimana cara tepat merawat koleksi sneakers Anda di rumah?

Kepada VIVA, Yoga Pratomo selaku Regional Sales Manager Outdoor Cleaning yang juga kolektor sneakers membagi beberapa tips sederhana untuk merawat sneakers.

Dari Suede Hingga OldSkool, Tingkatkan Gaya dengan Lima Pilihan Sneakers Paling Trendy Saat Ini

1. Sering dipakai

Sneakers akan lebih awet bila sering dipakai. Hal tersebut akan membuat bahannya menjadi lebih fleksibel dan terbebas dari jamur.

Gak Lagi Sneakers, Tren Sepatu Kini Bergeser ke Dress Shoes

2. Disimpan di ruang dingin

Suhu udara yang lembab atau terlalu panas bisa membuat bahan sneakers menjadi mudah rusak. Karena itu, ada baiknya sneakers di simpan di ruangan dingin atau ber-AC. Anda juga bisa menyimpannya di kotak sepatu atau ziplock untuk melindunginya dari debu, kotoran atau jamur.

3. Rajin dibersihkan

Setelah mengenakan sneakers, disarankan untuk membersihkannya dengan cara melap atau mencucinya setelah dipakai. Jika sneakers itu basah, Anda bisa meletakkan koran ke dalam sepatu.

Selain itu, cuci sepatu jika sangat kotor dan menimbulkan noda yang bisa merusak warna sneakers. Sebaiknya cuci koleksi sneakers Anda secara berkala setiap 1-2 bulan sekali. Saat mencuci sneakers pun jangan langsung memasukkannya ke mesin cuci, ada baiknya gunakan sikat lembut atau kain dengan untuk membersihkannya terlebih dahulu.

Ilustrasi sneakers

4. Angin-anginkan sneakers

Jika sepatu sering dipakai atau basah dan lembab akan menimbulkan bau tak sadap. Untuk menghilangkannya, angin-anginkan sneakers setelah dipakai. Selain itu, letakkan sneaker ball dalam sepatu dan ganti kaus kaki setiap hari. (nsa)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya