Puasa Bikin Kulit Kering, Begini Cara Perawatan yang Tepat

Ilustrasi wanita/merawat kulit/skincare.
Sumber :
  • Freepik/freepik

VIVA – Selama menjalani puasa di bulan Ramadhan, kondisi kulit juga mengalami perubahan akibat perubahan pola makan. Salah satu yang sering terjadi adalah kulit kering.

Ikuti 6 Cara Ini Agar Bisa Cantik Meski dari Rumah

Untuk itu, dr. Margaretha Indah Maharani, SpKK, FINSDV, FA ADV mengatakan, kita harus tetap mengomsumsi makanan dan minuman yang menghidrasi kulit.

"Ketika puasa tetap konsumsi air putih atau air bermineral dan hindari minuman yang terlalu manis," jelas dokter Rani dalam acara Health and Beauty Talkshow 'Glowing and Healthy Skin at Hari Raya', Rabu 20 April 2022.

Dokter Spesialis Ungkap Keajaiban Cellbooster, Teknologi Canggih untuk Tampil Awet Muda

Upayakan pula untuk minum dua liter air setelah berbuka hingga sebelum imsak. Selain itu, kulit juga butuh nutrisi selama menjalani ibadah puasa.

Dokter Rani menjelaskan, selama bulan puasa kulit umumnya butuh nutrisi yang sifatnya proteksi atau yang memiliki kandungan antioksidan. Ada banyak sekali kandungan antioksidan, ada yang berupa mineral, ada pula vitamin C.

Terpopuler: Saran Dokter Soal Skincare sampai Wulan Guritno Masih Alami Bereakout

Vitamin C selain menjaga kekebalan tubuh juga sebagai antioksidan yang mencegah kerusakan sel, terutama sel kulit. Selain itu, ada pula antioksidan vitamin B5 dan B6 yang memberikan tubuh stamina, rasa segar tubuh, serta stamina untuk beraktivitas sehari-hari.

Ilustrasi wanita/skincare/kecantikan.

Photo :
  • Freepik/wayhomestudio

Vitamin B5 dan B6 sebagai antioksidan juga memproteksi serta mencegah sel rusak, termasuk sel kulit. Sehingga bisa menjadi antipenuaan atau antiaging.

Namun, nutrisi yang dibutuhkan kulit tidak hanya asupan atau yang dikonsumsi sehari-hari. Tapi, kulit juga membutuhkan nutrisi yang diaplikasikan ke kulit yakni dengan penggunaan skincare.

Apalagi jika kamu banyak beraktivitas di luar yang sering terpapar polusi dan sinar matahari. Meski begitu, beraktivitas di dalam ruangan juga bisa terkena pajanan udara yang membuat kering seperti AC yang membuat kulit lebih mudah rusak.

"Perlu proteksi yang langsung dioleskan ke kulit berupa serum, gel, atau moisturizer yang sesuai kulit dengan bahan aktid yang bersifat proteksi," kata dr. Rani.

Salah satu produk yang memenuhi kebutuhan kulit itu baru saja diluncurkan Sato Hakubi. Produk ini mengandung vitamin c, hyaluronic acid, vitamin b6, vitamin b5, ubiquinone, dan L-cysteine yang membantu mencerahkan kulit, melembabkan, dan menghilangkan flek hitam, serta Q10 cream yang membantu menghilangkan kerutan dan garis-garis halus.

“Indonesia merupakan negara beriklim tropis yang dapat membuat kulit cenderung lebih sensitif. Sato Hakubi melihat kebutuhan masyarakat Indonesia akan produk yang fokus untuk membantu mereka mendapatkan kulit sehat bercahaya, sekaligus membenarkan skin barrier,” Head of Brand, Communication, & Sustainability PT Anugerah Pharmindo Lestari, yang juga merupakan perwakilan dari HAKUBI, Helen Marlina.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya